Pelatihan PKW Melalui Pemasaran Online dan Offline di desa Dalisodo Wagir Malang

Infokampus.news – Dalam mengembangkan usaha kecil, diperlukan terus menerus upaya untuk mendapatkan pelanggan, tidak mudah untuk mendapatkan seorang pelanggan apalagi kepada banyak orang dengan cara meyakinkan produk yang kita miliki untuk ditawarkan. Maka dari itu pelatihan Program Kemitraan Wilayah (PKW) melalui pemasaran dan Online dan Offline untuk tingkatkan pengetahuan dan Keterampilan di desa Dalisodo Wagir Kabupaten Malang.

Kali ini pemasaran secara online dan offline diterapkan kepada pelaku usaha kopi bubuk di desa Dalisodo, Wagir Kabupaten Malang  yang sudah enam tahun berjalan diharapkan dengan semakin ketatnya persaingan dalam memproduksi dan mendistribusikan kopi bubuk dan dalam rangka menjaga kontinuitas usahanya.

Hasil pelaksanaan kegiatan Pelatihan Program Kemitraan Wilayah (PKW) menunjukkan antusias pelaku usaha dalam mengikuti pelatihan dengan partisipasi jumlah kehadiran sebanyak 90%. Para peserta mendapatkan IPTEK dari Perguruan Tinggi Universitas Kanjuruhan Malang khususnya oleh ketua Tim Pengabdi PKW yaitu Ibu Dr, Ninik Indawati, M.Pd dan perguruan tinggi mitra yaitu Universitas Negeri malang yakni Prof.Dr.Sri Umi Mintarti, SE, MP.Ak .

Baca Juga :  KKN Kelas R2 Unikama Mulai Dibekali, Tak Mudah Jalani KKN dan Kerja Tapi ada Triknya

Peserta kali ini juga mendapatkan keterampilan bagaimana cara melakukan pemasaran secara online dan offline terhadap produk yang dihasilkan, serta dilakukan pendampingan oleh pemateri yaitu Bapak Mohammad Ahsan, S.Kom., MT selaku dosen Fakutkas dan Teknologi pada prodi Informatika.

Dalam hal ini, Cara efektif dalam mengembangkan usaha ini melalui latihan Program Kemitraan Wilayah (PKW) dengan melakukan pemasaran Online dan Offline. Pemasaran secara Online bisa dilakukan dengan cara menggunakan sarana jaringan sosial. Jaringan sosial atau pemasaran produk melalui e-commerce merupakan solusi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas suatu produk yang tidak terbatas oleh tenaga waktu, biaya, jarak dan tempat.

Pemasaran secara offline bisa dilakukan dengan adanya Mini Display merupakan tempat yang tepat untuk melakukan promosi produk yang dihasilkan oleh UKM, dengan memamerkan contoh produk dilengkapi informasi tentang harga, bahan baku dan lain-lain. Selain itu pelaku usaha harus selalu menjaga kualitas, komunikatif dengan pelanggan. (Jul)

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *