7 Peluang Kerja Teknik Nuklir yang Perlu Diketahui!

Infokampus.news, Nasional– Bagaimana peluang kerja teknik nuklir? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasana di bawah ini.

Jurusan teknik nuklir menjadi golongan jurusan yang masih langka di Indonesia. Selain itu masih awamnya masyarakat akan jurusan ini maka tidak banyak calon mahasiswa yang mendaftar.

Informasi mengenai jurusan teknik nuklir inipun diperlukan untuk persiapan penerimaan mahasiswa baru tahun depan. Dari informasi yang diperoleh, ada 2 perguruan tinggi yang membuka jurusan teknik nuklir ini.

Kedua perguruan tinggi tersebut yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Sekolah Tinggi Teknik Nuklir milik Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang bersifat kedinasan. Lalu apa saja peluang kerja teknik nuklir?

Berikut beberapa peluang atau peluang kerja teknik nuklir yang bisa Kamu pilih adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan Minyak

Peluang kerja teknik nuklir yang pertama adalah di perusahaan minyak. Adanya mata kuliah termodinamika dan mekanika fluida bisa menjadi bekal lulusan teknik nuklir untuk memulai karir di perusahaan minyak.

Pengetahuan ini banyak diaplikasikan di dunia perminyakan. Jadi gak ada salahnya, lulusan Teknik Nuklir menjajal peruntungan di perusahaan perminyakan. Untuk gajinya sendiri terbilang cukup tinggi, yakni sekitar Rp 7 juta per bulan.

2. Perusahaan Energi

Peluang Kerja Teknik Nuklir selanjutnya adalah perusahaan energi. Pada dasarnya, yang dipelajari dalam Teknik Nuklir adalah tentang energi. Reaksi nuklir melibatkan dan melepaskan energi. Nuklir juga bisa dijadikan sumber energi pembangkit listrik.

Meski di Indonesia belum ada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), lulusan Teknik Nuklir bisa juga bergabung dengan perusahaan energi yang sudah ada seperti PLN, PJB, atau perusahaan lainnya milik swasta.

3. Perusahaan Tambang

Prospek kerja yang bisa diincar oleh para lulusan teknik nuklir adalah bekerja di perusahaan tambang. Tentunya, para lulusan dari jurusan ini tidak bekerja sebagai pekerja kasar, melainkan bekerja dengan keahlian yang dimiliki.

mu tidak perlu khawatir soal nominal gaji. Posisi sebagai ahli tentunya membuat Kamu tidak perlu khawatir dengan kantong kering. Rata-rata gaji yang bisa didapatkan oleh karyawan di perusahaan tambang yaitu sekitar Rp7 juta per bulan.

4. Batan

Kamu bisa berkarir di BATAN. Bagi Kamu yang belum paham, BATAN Adalah singkatan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional. Kamu yang lulusan teknik nuklir tentu sangat cocok bergabung di BATAN.

Tidak hanya memanfaatkan ilmu yang didapat, namun Kamu juga bisa berguna dan berjasa untuk negara. Gaji yang bisa kamu peroleh dari bekerja dan menjadi karyawan di BATAN yaitu sekitar Rp5 juta per bulan.

5. BPPT

Selain itu, BPPT juga bisa menjadi pilihan bagi para lulusan teknik nuklir. BPPT merupakan singkatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Ini merupakan salah satu instansi pemerintah di bawah Kemenristek yang fokus penelitian di bidang teknologi.

Terlebih saat ini pemerintah sangat getol dalam membangun teknologi di tanah air sehingga kemampuanmu sebagai ahli nuklir bisa digunakan untuk melakukan analisa di BPPT. Dengan bekerja di BPPT, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji sekitar Rp5 juta per bulan.

6. Menjadi Peneliti

Peluang atau peluang kerja teknik nuklir berikutnya yaitu menjadi peneliti. Tidak hanya belajar mengobservasi saja, Kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti dan periset untuk sumbangsih terhadap ilmu pengetahuan.

Profesi sebagai peneliti ini masih ada kaitan erat dengan dunia akademik. Nantinya, hasil dari penelitian yang sudah kamu lakukan akan sangat berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Gaji yang didapatkan oleh seorang peneliti yaitu sekitar Rp6 juta per bulan.

7. Menjadi Pengajar

Prospek kerja lainnya yang bisa kamu pilih selain bekerja menjadi peneliti yaitu Kamu bisa menjadi pengajar. Jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia akademik, kamu bisa meneruskan studi hingga jenjang S2 dan kembali ke kampus untuk menjadi pengajar atau dosen di jurusan yang sama.

Untuk pilihan karir ini, gaji yang didapatkan oleh seorang pengajar atau dosen yaitu sekitar Rp5 juta per bulan.

8. Kementerian ESDM

Selain kedua lembaga pemerintah diatas, masih ada Kementerian ESDM yang bisa menampung lulusan teknik nuklir. Selain cakupannya lebih luas, dengan bekerja di Kementerian ESDM, Kamu bisa mengeksplorasi sumber energi yang sangat besar di Indonesia.

Untuk bergabung di Kementerian ESDM, kamu bisa mengikuti rekrutmen CPNS atau bisa juga menjadi pegawai honorer kementerian. Sebagai pegawai kementerian, kamu akan memperoleh gaji sekitar Rp5 juta per bulan.

Demikian ulasanĀ  peluang kerja teknik nuklir dan perkiraan gajinya yang lumayan tinggi. Semoga ulasan ini bermanfaat buat Kamu yang tertarik ambil jurusan teknik nuklir ini.

 

(Adinda)

Leave a Reply

Your email address will not be published.