Pembangunan Karakter Mahasiswa, Kunci Utama Pertahanan Negara

Infokampus.news, Malang – Penerapan pembinaan teritorial TNI AD dalam upaya memperkuat pertahanan negara di lingkup perguruan tinggi khususnya Universitas Brawijaya (UB) akan diwujudkan melalui pendidikan karakter cinta negara pada mahasiswa. Sebab ada 3 tugas utama perguruan tinggi selain mengajarkan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill), adapun karakter (attitude) yang dinilai keberadaanya mulai menurun.

“Tiga tugas perguruan tinggi yakni knowledge, skill, dan pembinaan karakter. Nah yang ketiga ini karakter terutama cinta negaranya menurun,” kata Rektor UB Prof. Dr. Ir. Bisri, M.S.

Kondisi yang demikian mendorong pihak kampus untuk mengadakan pembinaan karakter bersama dengan korem dan TNI setiap Sabtu pada mahasiswa baru di tengan pelaksanaan krida mahasiswa. Bila sebelumnya pembentukan karakter dibangun dari sisi religi, kali ini pihak UB akan membangkitkan karakter cinta negara pada diri mahasiswa.

Baca Juga :

“Character building seperti ini bukan berarti pembinaan ketentaraan, melainkan dari hal-hal kecil seperti disiplin waktu, penataan parkir, dan lain-lain. Kami merasa terbantu dengan keberadaan TNI untuk mebangun karakater pada mahasiswa,” jelasnya.

Baca Juga :  Prodi Favorit UNESA di SNMPTN 2021

Upaya pencegahan proxy war di lingkup kampus pun telah diantisipasi sejak dini, diantaranya adalah kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) maupun lembaga antiteror.

“Intinya tugas perguruan tinggi ada 3 yakni menyeimbangkan antara knowledge, skill, dan attitude supaya proporsional,” tandas orang nomor satu di UB ini. (gpl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *