Pemerintah Surabaya Gandeng ITS Dalam Pembangunan Kota

Infokampus.news, Surabaya – Surabaya patut berbangga. Pasalnya, Preparatory Committee (Prepcom) 3 besutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memilih Kota Pahlawan sebagai tuan rumahnya. Pertama digelar di Indonesia, Prepcom menggandeng Pemerintah Daerah Kota Surabaya dan beberapa lembaga akademisi untuk mensukseskan perhelatan 20 tahunan ini. Salah satu yang digandeng oleh Pemerintah Surabaya adalah kampus teknologi terbesar di Jawa Timur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Ditunjuk sebagai salah satu penggiat Prepcom 3, ITS ikut meramaikannya dengan berbagi kegiatan paralel. Untuk menyambut United Nation (UN) Habitat III ini, ITS menampilkan berbagai kebolehan dalam bidang teknologi. “Kita bagi apa-apa yang sudah kita lakukan utamanya dalam skala pembangunan kampung,” ujar Prof Ir Joni Hermana MScEs PhD, Rektor ITS.

Joni menuturkan, alasan dipilihnya Kota Surabaya menjadi tuan rumah Prepcom III juga didasari tema yang diangkat dalam kegiatan paralel ini, yaitu partisipasi masyarakat Surabaya dalam pembangunan Kota Surabaya. “Surabaya adalah kota dengan partisipasi masyarakat tertinggi, atau bahkan satu-satunya di Indonesia,” terangnya.

“Hal ini dibuktikan pula dengan pesatnya kemajuan Kota Surabaya meski anggaran pembangunan kota utamanya di bidang lingkungan sangat minim. Bukan hanya itu, masyarakat Surabaya juga terbukti mampu menuntaskan segala tekanan yang umumnya dimiliki kota besar, seperti kebutuhan sumber daya alam, ekonomi, hingga pencemaran yang membuat keberlanjutan kota menjadi disangsikan.”

ITS, tambah Joni, menjadi tangan kanan Pemerintah Surabaya dalam pengembangan kota utamanya dalam hal teknologi. Dalam kegiatan ini pula ditunjukkan bukti pengembangan kampung dengan teknologi ala ITS yang mampu menyokong pertumbuhan kota Surabaya. “Karena kampung yang kuat menjadikan kota yang kuat pula,” jelas doktor lulusan Universitas Newcastle ini.

Hingga kini, kerjasama antara ITS dan Pemerintah Kota Surabaya memang tidak perlu diragukan. Berbagai pihak seperti sektor transportasi hingga lingkungan menjadi lahan pengembangan bersama. “Pemerintah banyak berkonsultasi dengan ITS dalam hal teknologi sehingga kita juga membantu menentukan arah pembangunan kota,” pungkas Joni. (FA)

 

Sumber : its

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Baru Wajib Melakukan 10 Hal Ini!

Halo para mahasiswa baru! Sudah siapkah kamu memasuki kehidupan kampus yang tentu saja berbeda 180 derajat dari kehidupan SMA kamu?

Close