Peminat Program Studi UB Tiap Tahun Berubah, Tahun 2017 Ini Akankah Muncul Prodi Favorit Baru?

Infokampus.news, Malang – Pengisian data Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara online di setiap sekolah se-Indonesia sudah dibuka. Setiap kampus pun mulai berlomba lomba menunggu untuk menyeleksi program studi apa saja yang diminati oleh para calon mahasiswa baru angkatan 2017.

Tidak terkecuali Universitas Brawijaya (UB) yang sudah bersiap untuk merangking program studi apa yang paling diminati oleh calon maba tahun ini.

“Setiap tahun kami tentu merangking ya, kami siapkan data khusus hasil pantauan kami. Tiap tahun prodi yang diminati adik-adik memang berubah-ubah,” papar kepala bagian Humas UB Pranatalia Pratami Nugeraheny ditemui di sela kesibukannya.

Tiap Tahun Berbeda, Namun Hanya Bersaing Pada Angka

Ia memaparkan untuk program studi yang diminati oleh para adik-adik calon mahasiswa ini setiap tahun berbeda, namun sebagian besar hanya berputar putar pada perbedaan angka peminat saja.

“Sebagian besar cuma berbeda angka saja, tapi sebenarnya prodinya hampir sama setiap tahun. Seperti pada tahun
2015 kita urut 5 terbesar ya, tertinggi ada prodi Tehnik Informatika, Agribisnis, Agro Ekoteknologi, Manajemen, Ilmu Administrasi Bisnis,” ujarnya menerangkan.

Sedangkan di tahun berikutnya 2016, perbedaan hanya terletak pada angka saja yang otomatis mempengaruhi rangking kepeminatan prodi oleh calon mahasiswa baru UB.

“2016 yang tertinggi masih Tehnik Informatika dengan 4.429 orang peminat, Agro Ekoteknologi 2.938 orang, Agribis 2.742 orang, Ilmu Administrasi Bisnis 2.361 orang dan, Pendidikan Kedokteran 2.213 orang. Yang beda hanya satu ya prodinya, lainnya berbeda angka saja,” pungkasnya.

Ia menambahkan kemungkinan kepeminatan tahun ini tidak berbeda jauh dengan 2 tahun sebelumnya tersebut. Namun ia berharap kepeminatan prodi yang dipilih oleh para calon maba merupakan pilihan yang murni mereka ambil karena senang dengan ilmu tersebut. (pus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sambut Tahun Ajaran Baru, UM Angkat 87 Orang Dosen Baru

Menyambut tahun ajaran baru, Universitas Negeri Malang (UM) mempersiapkan sejumlah perubahan dengan menambah jumlah dosen pengajar baru sejumlah 87 orang

Close