Pendaftar Naik Persaingan Makin Ketat, UIN Maliki Malang Naikkan Kuota Mandiri Prestasi

Infokampus.news, Malang – Jumlah pendaftar seleksi mandiri Universitas Islam Negeri Malang (UIN Maliki Malang) di tahun 2017 ini terdaftar sebanyak 3938. Padahal kuota untuk jalur terakhir yang dibuka oleh kampus ini hanya berjumlah 605 orang saja.

Hal ini diungkapkan oleh Drs. H. A. Heru, A.H., M.Si., Kepala BAAK UIN Maliki Malang saat ditemui di sela kesibukannya. Ia menuturkan tahun ini memang terjadi peningkatan keketatan dalam seleksi mandiri yang digelar tahun ini.

“Tapi untuk yang hadir mengikuti tes hanya 3.428 orang. Ini campur jadi dari prodi keagamaan dan umum.” Tutur dia pada tim infokampus.news.

Pendaftar Naik, Jumlah Kuota Mandiri Jalur Prestasi Ditambah Tahun Ini

Selain itu, kabar baik lain datang dari jalur mandiri prestasi yang kuotanya bertambah dari tahun sebelumnya. Jalur mandiri prestasi sendiri sudah kampus UIN kategorikan menjadi 4 klasifikasi utama, yakni hafalan qur’an, kesenian, olahraga dan prestasi akademik.

“Kuota naik menjadi 78 orang untuk jalur mandiri prestasi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.” tambah dia

Pihaknya berharap para calon mahasiswa baru yang datang dari jalur mandiri prestasi ini bisa terus meraih prestasi saat sudah memasuki dunia perkuliahan. Terutama untuk para tahfidz qur’an nantinya mereka akan dinaungi lembaga khusus untuk terus melatih halafan mereka.

“Kalau masuknya sudah hafal 30 juz nanti akan dinaungi lembaga khusus namanya Haiah Tahfidzul Qur’an (HTQ) agar hafalan mereka tidak hilang bisa jadi pelatih. Kalau yang baru hafal 10 hingga 20 juz bisa melanjutkan hafalan mereka hingga tingkat ahir.” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Diikuti 252 Universitas Se-Indonesia, Penyelenggaraan MTQMN XV 2017 Jadi Yang Terbesar Sepanjang Sejarah

Infokampus.news - jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan MTQMN XV 2017 yang mencapai angka 2.433 peserta

Close