Begini Prosedur Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019

Infokampus.news – Pendaftaran beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) akan dibuka sebelum pelaksanaan seleksi masuk perguruan tinggi. Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan juga mengumumkan prosedur pendaftaran Bidikmisi tahun 2019.

Pendaftaran calon mahasiswa Bidikmisi tahun 2019 dilakukan melalui semua jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang meliputi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) serta Seleksi Mandiri pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Tahun 2019 ini, ada perubahan mekanisme pendaftaran Bidikmisi melalui jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN, yakni adanya transformasi dalam sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru. Tahun ini pemerintah membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dalam proses ini, calon penerima Bidikmisi wajib terdaftar pada sistem dengan memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang valid.

Syarat pendaftaran dan proses penerimaan Bidikmisi untuk tahun 2019 telah dirancang lebih baik dan sederhana, dengan mengutamakan siswa yang berlatar belakang keluarga tidak mampu yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Siswa penerima KIP dapat langsung mendaftar ke laman sistem Bidikmisi.

Sementara itu, siswa yang tidak memilik KIP dapat mendaftar melalui sekolah untuk direkomendasikan. Kemudian, bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima melalui semua jalur seleksi di atas, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan oleh perguruan tinggi.

Sobat FoKus yang ingin tahu lebih detail mengenai alur pendaftaran dan syarat-syaratnya dapat mengunjungi laman resmi Bidikmisi di alamat berikut: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Untuk sementara, jadwal pelaksanaan Bidikmisi tahun 2019 belum keluar. Jadi, ikuti terus InfoKampus.news untuk selalu update kabar terbaru mengenai informasi seputar dunia kampus termasuk jadwal pelaksanaan Bidikmisi 2019 ya! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
kuota bidikmisi naik 44 persen
Kabar Gembira untuk Calon Mahasiswa, Kuota Bidikmisi 2019 Naik 44 Persen

Infokampus.news - Kabar gembira bagi siswa yang ingin berkuliah tapi mengalami kendala finansial. Pasalnya, kuota penerima beasiswa Bidikmisi (Bantuan Pendidikan

Close