Pendaftaran Simak UI 2016

Pendaftaran Simak UI 2016

Tanggal Pendaftaran: 18 April – 20 Mei 2016

 

Universitas Indonesia (UI) buka pendaftaran mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) untuk lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi ke jenjang vokasi (Diploma 3), sarjana, serta jenjang profesi, spesialis, magister, dan doktoral.

Kapan pendaftaran Simak UI 2016?

Pendaftaran SIMAK UI dilakukan secara online melalui laman penerimaan.ui.ac.id mulai 18 April hingga 20 Mei

Jadwal pelaksanaan:

NoJenjangTanggal Pelaksanaan
1.Vokasi (D3)5 Juni 2016
2.S1 Reguler5 Juni 2016
3.S1 Paralel5 Juni 2016
4.S1 Kelas Internasional29 Mei 2016

 

Ujian akan dilaksanakan di 17 kota dan satu lokasi di luar negeri yaitu Qatar.

Tersedia 2.537 bangku vokasi, sarjana reguler, sarjana paralel dan sarjana kelas internasional melalui SIMAK UI 2016.

Materi apa saja yang diujikan?

Ujian tertulis bagi peserta jenjang vokasi dan sarjana (reguler, paralel, dan internasional) tidak lagi mengujikan materi IPA Terpadu dan IPS Terpadu.

Materi ujian pada SIMAK UI 2016 adalah sebagai berikut, Kelompok IPA: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris (Kemampuan Dasar) dan Matematika IPA, Fisika, Kimia dan Biologi (kemampuan IPA).

Kelompok IPS: Kemampuan Dasar dan Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi (Kemampuan IPS). Kelompok IPC: kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan Dasar.

Materi ujian bagi peserta sarjana kelas internasional adalah Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry (Kelompok IPA) dan Basic Mathematics, Economy, Sociology, Indonesia and The World A, Indonesia and The World B (Kelompok IPS).

Dimana saja tempat tes Simak UI 2016?

SIMAK UI 2016 membuka kesempatan bagi anak bangsa di seluruh wilayah Indonesia untuk berkompetisi masuk ke UI.

UI menyiapkan panitia lokal di sekolah-sekolah yang tersebar di 17 kota besar di Indonesia sebagai lokasi ujian, yakni Serang, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Bandung, Bogor, DKI Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok.

Ujian SIMAK kelas internasional dilaksanakan di satu lokasi yaitu Kampus UI Depok.

Berapa biaya pendaftarannya?

Biaya pendaftaran sebesar Rp350.000 untuk program IPA/IPS (2 pilihan pertama) dan setiap penambahan pilihan prodi dikenakan tambahan biaya Rp50.000/prodi.Sedangkan bagi peserta SIMAK UI kelas internasional dapat memilih satu prodi dengan biaya pendaftaran sebesar Rp1.200.000.

Catatan: tahun ini kuota SIMAK UI ditetapkan sebesar 20 persen dari total mahasiswa baru yang diterima UI dan sisanya diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 40 persen serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 40 persen.

Besarnya biaya pendidikan bagi mahasiswa S1 reguler yang diterima melalui SIMAK UI sama dengan mahasiswa yang diterima melalui

Bagi para siswa lulusan SMA dapat memilih jurusan atau program studi (prodi) yang diminati hingga maksimum delapan prodi dari jenjang pendidikan vokasi, sarjana reguler, dan sarjana paralel.

 

Sumber: Simak UI

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Guru Besar
UGM Lahirkan Guru Besar Pendidikan Kedokteran Pertama

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melahirkan guru besar bidang pendidikan kedokteran pertama di Indonesia, yakni Profesor Doktor Ova Emalia yang akan...

Close