Pendaftaran SNMPTN Bagi Penerima KIP Kuliah

INFOKAMPUS.NEWS – Sesuai dengan Siaran Pers dari biro kerja sama dan hubungan masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan. disampaikan beberapa informasi berkenaan dengan kegiatan pendaftaran SNMPTN 2020.

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, dipersilahkan mendaftar untuk mendapatkan KIP kuliah pada laman http://kip-kuliah-kemdikbud.go/id/ sesuai jadwal yang ditetapkan yakni awal Maret hingga 31 Maret 2020.

Calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP kuliah dimohon melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan yakni 14 Februari 2020 pukul 14.00 WIB sampai 27 Februari 2020 pukul 23.59.

Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Kuliah (calon penerima KIP) dimohon tetap melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 sampai 27 Februari sampai mengisi pilihan prodi dan PTN. diberikan kesempatan finalisasi hingga akhir Maret 2020.

Setelah masa pendaftaran KIP kuliah berakhir, akan dilaksanakan sinkronisasi data antara data pendaftar SNMPTN di LTMPT dengan data penerima KIP kuliah untuk keperluan seleksi. pendaftaran dianggap sah bila sudah dilakukan finalisasi Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum/ tidak mendaftar SNMPTN.

Baca Juga :  7 Peluang Karir Jurusan Agroekoteknologi

KIP Kuliah merupakan lanjutan dari program Indonesia Pintar yang terlah lebih dulu pada tahun 2014 menyasar siswa di tingkat sekolah. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah mulai 21 Februari 2020.

Apa saja Keuntungan memiliki kartu tersebut? Mahasiswa pemegang KIP Kuliah nantinya bakal mendapat bantuan berupa biaya kuliah sebesar Rp 2,4 juta per semester dan bantuan biaya hidup Rp 4,2 juta per semester. Selain itu Jokowi membebaskan siswa memilih jurusan pada universitas yang diinginkan.

Program Indonesia Pintar merupakan kerja sama tiga kementerian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Agama. Program ini dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin, rentan miskin, prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan.

Melalui program ini, peserta akan diberikan sebuah kartu yang sekaligus memberikan jaminan dan kepastian anak-anak usia sekolah terdaftar sebgaia penerima bantuan pendidikan.

Kementerian berharap kode KIP K dapat digunakan dalam proses SNMPTN yang akan ditutup pada 27 Februari mendatang. Mengenai penyaluran beasiswa bidikmisi rencananya bakal disalurkan ke 366.068 siswa pada akhir Februari sampai awal Maret. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *