150000+ Peserta Belum Daftar, Waktu Pendaftaran SNMPTN Diperpanjang

Infokampus.news – Waktu pendaftaran SNMPTN diperpanjang dari jadwal yang direncanakan. Masa pendaftaran yang semula dijadwalkan untuk berakhir pada Kamis, 14 Februari 2019, akhirnya mundur hingga 16 Februari 2019 mendatang.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena belum semua siswa sekolah yang eligible, mendaftar sebagai Peserta SNMPTN 2019.

“Jadi berdasarkan data per tanggal 13 Februari pukul 20.55, dari 778.740 siswa eligible (boleh/bisa mendaftar) SNMPTN, masih 159.249 belum mendaftar dan ada 87.007 yg belum finalisasi pendaftaran,” terangnya.

Budi Prasetyo Widyobroto, Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengimbau para siswa yang ingin mendaftar SNMPTN untuk segera menyelesaikan proses pendaftarannya agar tak perlu mengundur waktu lagi. Batas akhir pendaftaran dipatok Sabtu 16 Februari pukul 22.00 WIB. Selewat jam itu pendaftaran otomatis tertutup. “Sebenarnya perpanjangan waktu ini tidak mendidik, tapi keputusannya seperti tertera di laman resmi SNMPTN,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, ribuan peserta SNMPTN 2019 sehari menjelang penutupan mengalami kesulitan mendaftar. Mereka tidak bisa mengakses laman resmi pendaftaran, Rabu, 13 Februari 2019. “Server bermasalah, jadi lemot (lambat) tidak bisa diakses dan sebagainya,” kata Budi Prasetyo Widyobroto, Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) saat dihubungi hari ini.

Oleh karena itu, LTMPT juga menambah jumlah server dan bandwith yang sebelumnya 10 dari 13 server sebelumnya hingga berjumlah 23 server. Tujuannya untuk memperlancar proses pendaftaran SNMPTN.

Akibat situs SNMPTN susah diakses itu pula, sempat muncul petisi di situs change.org yang meminta masa pendaftaran SNMPTN diperpanjang dari jadwal semula. Namun pihak LTMPT tidak mengonfirmasi apakah waktu pendaftaran SNMPTN diperpanjang ini berkaitan dengan petisi tersebut. Ravik, Ketua LTMPT hanya mengimbau agar peserta memanfaatkan perpanjangan waktu ini dengan sebaik-baiknya.

“Kesempatan ini harap digunakan sebaik-baiknya karena tidak akan ada perpanjangan lagi,” jelas Ravik Karsidi.

Tata cara pendaftarannya yaitu siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan nomor induk siswa nasional (NISN) dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Selanjutnya siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan perguruan tinggi negeri, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

Kemudian siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

Langkah terakhir, siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Kendati jadwal pendaftaran SNMPTN diperpanjang, Ravik memastikan jadwal lainnya pada penyelenggaraan tes masuk perguruan tinggi negeri tidak berubah.

“Iya, yang diperpanjang hanya waktu pendaftaran SNMPTN. Pengumuman tidak mundur,” jelasnya. (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published.