Pendaftaran UM S1 Undip Dibuka, Simak Ya!

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Diponegoro (Undip) telah membuka pendaftaran UM S1. Simak tanggal pendaftaran, persyaratan, tahapan pendaftaran  dan biayanya.

Peserta harus memenuhi syarat antara lain usia maksimal 22 tahun, siswa lulusan  SMA/SMK/MA atau sederajat, lulus ujian persamaan atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2020, 2019, dan 2018. Selain itu, peserta wajib memenuhi program studi yang dituju.

Peserta harus mengikuti tahapan pendaftaran yakni membuat akun menggunakan email, mengisi data diri dan memilih jalur UM S1, membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk yaitu BRI, BNI, BTN dan Mandiri.

Selanjutnya peserta melakukan pengisian data portofolio  melalui aplikasi. Adanya Pandemi Covid-19 mengubah UM yang semula dilakukan dengan ujian atau tes langsung menjadi berdasarkan portofolio peserta.

Oleh karena itu, peserta harus mengisi portofolio dimana data  yang dimasukkan adalah data raport termasuk semester pertama sampai semester ke lima  serta mengupload pencapaian pencapaian lain yang telah diraih.

Tahapan selanjutnya, Peserta kemudian mencetak Kartu Pendaftaran lalu menunggu pengumuman serta melakukan registrasi ulang ketika lulus.

Undip mengenakan  biaya pendaftaran sesuai masing-masing kelompok. Untuk kelompok Saintek  dan Soshum dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000 sedangkan  untuk kelompok campuran dikenakan biaya sebesar Rp. 500.000.

Peserta dapat memilih 3 saluran registrasi atau pendaftaran, yaitu regular, partnership dan KIP. Wakil rektor Undip  untuk Urusan Akademik dan Kemahasiswaaan Prof. Budi Setiyono, S.Sos, M.Pol.Admin., Ph.D. menjelaskan, “Tujuan dari 3 pilihan tersebut supaya siswa yang berpeluang dapat menyesuaikan  pilihannya berdasarkan kemampuan finansialnya. Karena setiap ketiganya memiliki konsekuansi keuangan yang berbeda pula” ungkapnya.

Pendaftaran online dan pembayaran pendaftaran Ujian Mandiri ini berlangsung mulai 21 April 2020 – 20 Juli 2020. Dimana hasilnya akan diumumkan pada tanggal 30 Juli 2020. (Tam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.