Pendaftaran UTBK dibuka 1 Maret, Simak Mekanisme Pendaftarannya

Infokampus.news – Pendaftaran UTBK akan dibuka mulai 1 Maret 2019. UTBK menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN bagi siswa kelas 12 yang gagal di SNMPTN.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dibelmawa) Kemenristekdikti memberikan penjelasan terkait mekanisme pelaksanaan UTBK.

Dibelmawa menjelaskan jika tes hanya dilakukan saat UTBK dan tidak ada tes SBMPTN lagi. Setelah memperoleh skor, siswa baru bisa mendaftar pilihan prodi PTN melalui jalur SBMPTN. Peserta mendapatkan kesempatan dua kali mengikuti UTBK.

Prosedurnya adalah untuk kelompok Saintek satu kali atau soshu satu kali, atau dengan cara lain soshum dua kali saintek dua kali. Peserta yang ingin melakukan tes satu kali diharap mendaftar pada gelombang pertama atau kedua.

Gelombang pertama dibuka pada tanggal 01 Maret hingga 24 Maret 2019 dan pelaksanaan tes dimulai 13 April sampai dengan 04 Mei 2019. Sementara gelombang kedua dibuka 25 Maret 2019 hingga 01 April 2019 waktu pelaksanaan tes dimulai 11 Mei – 26 Mei 2019.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan kepada para peserta yang mendaftar hanya pada gelombang kedua maka hanya dapat mengikuti satu kali tes pada tanggal 11 Mei-26 Mei.

Sama seperti pada tes SNMPTN, pada tes UTBK kali ini LTMPT juga memberikan kesempatan bagi para peserta bidikmisi.

Mengenai mekanisme pendaftaran dalam UTBK, Dibelmawa menjelaskan jika peserta bidikmisi terdaftar cukup mendaftar langsung di laman UTBK.

Peserta hanya perlu memasukkan KAP dan PIN peserta bidikmis serta mengisi data-data yang tersedia. UTBK menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN di tahun 2019 kali ini.

Sementara itu, peserta UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan paket C juga tahun 2017, 2018, dan 2019.

Ujian ini bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu.

Selain itu, pelaksanaan UTBK juga bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes. (Jul)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.