Pendidikan Indonesia Jangan Dibandingkan Dengan Negara Maju!

Infokampus.news, Malang – Nasrullah, staff khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengungkapkan saat ini pendidikan di Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan negara maju. Banyaknya masyarakat yang sering menilai pendidikan di Indonesia kalah jauh daripada pendidikan di negara maju, seperti Finlandia, merupakan komparasi yang tidak adil.

“Tidak bisa pendidikan kita dikritik seperti Finlandia, baik lah memang kalau mau mengkritik tapi kalau komparasinya dengan Finlandia itu ya tidak adil.” Tuturnya saat ditemui.

Ketidakadilan pandangan ini menurut dia bersumber pada masalah kenegaraan yang dihadapi Indonesia dan Finlandia berbeda. Perbedaan masalah inilah yang menyebabkan perbedaan kualitas pendidikan terjadi.

“Bagaimana mungkin pemerintah kita disamakan, antara yang hanya menghadapi problem 5 jutaan penduduk Finlandia, dengan 250 jutaan penduduk Indonesia. Apalagi kita ini negara berkembang, belum maju seperti Finlandia,” tukasnya.

Tingkat Literasi Masih Jadi Masalah Utama

Selain itu tingkat membaca atau literasi di Indonesia masih sangat rendah. Tidak hanya kurangnya ketersediaan buku, namun juga memang minat membaca masyarakat Indonesia masih kurang.

“Literasi kita ini juga patut diresahkan, budaya membaca buku kita masih rendah selain itu ketersediaan buku kita juga masih terbatas.” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rektor : Ziarah Makam Adalah Wujud Pengabdian Kepada Pendahulu

Kebesaran nama kampus Universitas Islam Malang (UNISMA) tidak lepas dari perjuangan sesepuh dan pendahulu, Rektor Universitas Islam Malang melakukan ziarah...

Close