Unikama Terpilih sebagai PTS Penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru

Infokampus.news – Perubahan yang sangat cepat tengah terjadi dalam segala aspek kehidupan berdampak pula terhadap tuntutan akan kualitas pendidikan, yang akhirnya menuntut adanya guru yang berkualitas dan profesional. Kualitas dan profesionalisme yang disyaratkan antara lain guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Undang-undang Guru dan Dosen. Dalam peraturan perundangan, disebutkan bahwa guru harus berkualifikasi S- 1/ D- IV dan memiliki sertifikat pendidik yang diperoleh melalui program pendidikan profesi guru (PPG).

Lembaga yang berhak untuk menjalankan Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memenuhi syarat. Kali ini, Universitas Kanjuruhan Malang telah memenuhi persyaratan dan dipercaya oleh pemerintah sebagai salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) menyelenggarakan program PPG. Sesuai dengan MoU antara Kemendikbud dan Universitas Kanjuruhan Malang No:49/V/NK/2018, tentang Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan tahun 2018.

Pada tahun 2018 ini, Universitas Kanjuruhan Malang dipercaya untuk menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan sejumlah 43 Mahasiswa, dan PPG Prajabatan sejumlah 22 mahasiswa untuk guru kelas PGSD yang program tersebut bersubsidi.

PPG Dalam Jabatan diperuntukkan bagi guru-guru swasta maupun negeri yang belum memiliki sertifikat pendidik. Guru-guru tersebut akan dibekali di Universitas Kanjuruhan Malang selama 5 bulan, yang terdiri dari materi pendalaman dalam bentuk hybrid learning selama 3 bulan, dilanjutkan dengan Lokakarya 5 minggu dan PPL di Sekolah mitra selama 3 minggu dan diakhiri dengan Uji Kinerja (UKin) dan Uji Pengetahuan (UP). Berdasarkan UKin dan UP jika memenuhi syarat dinyatakan lulus dan berhak atas sertifikat pendidik.

PPG PraJabatan diperuntukkan bagi lulusan S1 Kependidikan yang belum menjadi guru. Penyelenggaraan PPG Prajabatan dilaksanakan selama 2 semester, untuk semester 1 sebanyak 22 sks, dan semester 2 sebanyak 16 sks, sehingga total sks yang ditempuh 38 sks. Untuk kelulusan juga dilihat UKin dan UP, jika memenuhi syarat maka mahasiswa tersebut berhak atas sertifikat pendidik, dan sertifikat pendidik ini dipakai sebagai salah satu syarat untuk menjadi ASN (Guru Profesional).

Disamping itu untuk tahun 2019, Universitas Kanjuruhan Malang akan melaksanakan PPG Prajabatan Mandiri untuk Program Studi (Prodi) PGSD, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Prodi Pendidikan Ekonomi, karena usulan pembukaan prodi baru PPG telah disetujui oleh Kemenristekdikti.

Pada tahun ini pula Universitas Kanjuruhan Malang mendapatkan ijin Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Magister (S-2) dan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam  Program Sarjana (S-1 PIPA). Ijin tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kemenristek Dikti nomor : 164/KPT/I/2018 tertanggal 2 Februari 2018.

Hal lain yang melegakan civitas akademika Universitas Kanjuruhan Malang adalah dicabutnya sanksi administratif dan pengaktifan kembali PD Dikti oleh Dirjen Kelembagaan Kemenristek Dikti akibat konflik Badaan Penyelenggara yang menaungi Universitas Kanjuruhan Malang. Pencabutan sanksi administratif tersebut tertuang dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Kemenristek Dikti Patdono Suwigjo tertanggal 28 Agustus 2018

Dengan dicabutnya sanksi administratif maka Universitas Kanjuruhan Malang sudah diperbolehkan lagi untuk menerima mahasiswa baru dan melaksanakan yudisium/kelulusan,  wisuda,  serta melaksanakan seluruh aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. (him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Melalui kegiatan pengabdian masyarakat skema Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Kemenristek Dikti, tiga orang dosen Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yakni, Dr. Sudiyono, M.Pd; Maris Kurniawati, M.Si., M.Kes; Rita Mustikowati, SE,. MM bersinergi dengan mitra dari Desa Suwaru, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, bertekad mewujudkan Desa Suwaru sebagai desa Agro-Edu Wisata. Kemauan dan niat yang kuat juga mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat Suwaru yang dipimpin oleh Kepala Desa Tedjo…
  • Infokampus.news - Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) dilakukan di Desa Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.  kali ini Mahasiswa ingin Wujudkan Keluarga Sehat di Desa Ampelgading. Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo di kenal dengan desa penghasil kopi di Malang. Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani kopi dan buruh tani kopi. Desa ampelgading terletak 28km dari pegunungan semeru hal ini yang menyebabkan desa ampelgading memiliki suhu udara sejuk…
  • Infokampus.news, Malang – Fakultas Ekonomi dan Bisnin Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) menggelar Yudisium Sarjana Strata Satu (S1) Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 di Auditorium Multikultural Universitas Kanjuruhan Malang , Jumat (31/8). Dengan jumlah peserta Yudisium sebanyak 158 mahasiswa yang terbagi dalam tiga jurusan akademik yakni, Prodi Akuntansi (S1) sebanyak 67 mahasiswa, Manajemen (S1) sebanyak 62 Mahasiswa Dan Pendidikan Ekonomi (S1) sebanyak 29 Mahasiswa. Dekan Fakultas Ekonomi UNIKAMA Malang menyampaikan dalam…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
desa suwaru dosen unikama
Dosen Unikama Berdayakan Desa Suwaru Jadi Wisata Agro-Edu

Infokampus.news - Melalui kegiatan pengabdian masyarakat skema Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Kemenristek Dikti, tiga orang dosen Universitas Kanjuruhan Malang

Close