Pendidikan Vokasi Harus Bersaing hingga Level Internasional

Infokampus.news – Pemerintah terus mendorong pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan siap kerja. Di era persaingan, pendidikan vokasi juga harus mampu eksis hingga level internasional.

“Pemerintah pusat memberi atensi khusus pada ranah vokasi. Sebab di luar negeri, baik Eropa maupun Australia, bidang terapan sangat berperan sentral dalam pembangunan bangsa,” ujar Wakil Dekan III Vokasi Universitas Airlangga (Unair), Imam Susilo, disitat dari laman Unair, Kamis (15/12/2016),

Imam mengungkapkan, Unair juga tak mau ketinggalan dalam mengembangkan pendidikan vokasi. Menurut dia, meski tergolong masih seumur jagung, Fakultas Vokasi Unair siap eksis di level internasional. Berbagai kunjungan seperti studi banding dari luar negeri juga banyak diterima oleh pihak fakultas.

“Ada rencana menguliahkan trainer atau dosen fisioterapi ke Belanda. Jika berjalan sesuai rencana, mahasiswa program studi D-3 Teknik Kesehatan Gigi akan menjalankan praktik kerja lapangan di Shinjuku, Jepang, sedangkan prodi D-3 Pariwisata sudah menjalankan kerja sama dengan institusi di Thailand,” paparnya.

Kiprah mahasiswa vokasi, tutur Imam, tak bisa dianggap remeh. Dia mencontohkan, baru-baru ini mahasiswa Vokasi Unair berhasil menjadi juara umum dalam sebuah olimpiade pendidikan tinggi tingkat nasional. Untuk itu, dia mengimbau kepada lulusan pendidikan vokasi tak perlu khawatir dalam mencari pekerjaan.

Baca Juga:

“Kampus juga membuka jaringan kemitraan dengan banyak perusahaan. Artinya, sebagian besar mahasiswa sudah ‘dipesan’ dunia kerja sejak sebelum mereka lulus,” ucapnya.

Hingga saat ini, dari 21 program studi yang ada di Vokasi Unair, baru tiga yang berada di jenjang D-4. Imam menegaskan, ke depan secara bergiliran akselerasi peningkatan jenjang dari D-3 ke D-4 akan terus dilakukan. (FAM)

 

Sumber: Unair

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa ITB Pamer Karya Rancangan Pesawat Terbang

Acara ini merupakan ajang pamer karya sekaligus penilaian atas project yang telah mahasiswa FTMD kerjakan selama satu semester.

Close