Penerimaan Mahasiswa Baru Dibuka, Ini Kuota Seleksi Masuk PTN di Malang

Infokampus.news – Dua PTN besar di Kota Malang yakni Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) telah memutuskan kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Sementara itu UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) telah memutuskan kuota SNMPTN pada Rabu (18/01/2017).

Tahun ini, Kemeristek Dikti, hanya memberikan batasan minimal SNMPTN dan SBMPTN sebanyak 30 persen dan jalur mandiri maksimal 30 persen. Untuk mencapai 100 persen kuota, sisa 10 persen menjadi wewenang PTN akan dialokasikan kemana.

Di UB misalnya, untuk mencapai 100 persen, sisa kuota 10 persen diputuskan UB masuk di jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Pada tahun lalu, kuota tiga jalur penerimaan mahasiswa PTN itu sudah ditetapkan Kemenristek Dikti. Beda dengan tahun sekarang yang hanya diberi ancer-ancer minimal 30 persen untuk SNMPTN dan SBMPTN dan maksimal 30 persen untuk jalur mandiri.

Besaran kuota UB juga sama dengan UM. Wakil Rektor W UM, Prof Dr Haryono MPd mengatakan keputusan kuota 30-40-30 (SNMPTN-SBMPTN-Mandiri).

“Alasan memberi kuota 40 persen untuk SBMPTN karena biasanya mahasiswa berprestasi lebih tinggi didapat dari SBMPTN,” kata Haryono, hari ini. (FAM)

 

Sumber: Tribunnews

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hadirilah LPDP EduFair Awal Februari Mendatang di ACC UNAIR

Bila berjalan sesuai rencana, pada 2 Februari 2017 mendatang, akan digelar LPDP EduFair di Airlangga Convention Center (ACC).

Close