Ini Info Terbaru Penerimaan Mahasiswa Universitas Indonesia 2018

Infokampus.news РHai sobat FoKus, kali ini infokampus.news akan membagikan info terbaru penerimaan mahasiswa universitas indonesia 2018.  Universitas Indonesia adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik dan terfavorit di Indonesia dan di dunia dari berbagai versi penilaian perguruan tinggi. Untuk penerimaan mahasiswa baru 2018, UI menyediakan 120 program studi dengan 4 program pendidikan, yaitu Vokasi atau D3 yang terdiri dari 2 Kategori IPA dan 9 Kategori IPS, S1 Reguler yang terdiri dari 31 kategori IPA dan 32 Kategori IPS, S1 Kelas Internasional yang terdiri dari 9 Kategori IPA dan 6 Kategori IPS, serta S1 Pararel yang terdiri dari 15 kategori IPA dan 16 kategori IPS. Buat kalian yang ingin mendaftar jenjang Pascasarjana, program profesi, dan program spesialis juga bisa!

Jalur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia 2018

 

SIMAK

Jika kalian gagal SNMPTN atau SBMPTN, UI memberikan kalian kesempatan untuk mendaftar kembali melalui jalur mandiri UI yang dinamakan SIMAK UI. SIMAK UI diselenggarakan secara mandiri oleh pihak UI. Waktu pendaftaran dan pelaksanaan ujiannya ditentukan sendiri oleh pihak perguruan tinggi, tidak seperti SNMPTN dan SBMPTN yang waktu pendaftaran dan pelaksanaan ujiannya ditentukan oleh panitia SNMPTN atau SBMPTN. SIMAK UI ini dalam bentuk ujian tertulis. Cuman, untuk biaya kuliahnya lebih mahal ketimbang lewat jalur SNMPTN atau SBMPTN. Pembiayaan kuliah SIMAK UI menggunakan sistem UKT yaitu berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua atau wali calon mahasiswa. Simak UI berlaku bagi kalian yang ingin mendaftar UI untuk jenjang Vokasi, S1 Pararel, S1 Pararel untuk lulusan D3, Pascasarjana, Program Profesi,Program Spesialis, atau S1 Kelas Internasional.

 

PPKB dan Talent Scouting

PPKB atau Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar merupakan jalur prestasi masuk UI seperti SNMPTN, khusus calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke UI untuk jenjang Vokasi (D3) dan jenjang S1 Pararel. Di jalur PPKB ini, sekolah diberikan kesempatan mengirimkan 50% siswa berprestasi dari jumlah formulir pendaftaran yang tersedia. Sementara buat kalian yang berminat masuk UI jenjang S1 Kelas Internasional, kalian bisa masuk melalui jalur Talent Scouting. Syaratnya kalian memiliki nilai TOEFL minimal 500 dan skor IELTS minimal 5.5 serta telah lulus A Level atau IB Diploma.

 

Jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN ini atau lebih lengkapnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur pendaftaran melalui jalur undangan, dan diperuntukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi secara akademik dan non akademik berturut-turut dari semester 1 sampai semester 5. Jadi setiap peserta yang mendaftar melalui jalur SNMPTN, terlebih dahulu harus didaftarkan  oleh pihak sekolah dengan cara mengisi PDSS. Kemudia, siswa tersebut melakukan pendaftaran online SNMPTN di website resmi SNMPTN dengan melengkapi data yang telah diisi oleh pihak sekolah seperti pilihan jurusan, pilihan perguruan tinggi, asal sekolah, bukti nilai rapot, pas foto, sertifikat prestasi, dan masih banyak lagi. Penilaian kelulusan SNMPTN ditentukan berdasarkan hasil nilai rapot pendaftar yakni rata-rata nilai rapot dari semester 1 sampai semester 5, nilai per mata pelajaran di setiap semesternya, jumlah alumni yang pernah diterima di jurusan dan PTN pilihan, prestasi non akademik, dan jurusan serta PTN yang dipilih. Setiap peserta yang lolos wajib melakukan pendaftaran ulang. Melalui SNMPTN, biaya kuliah telah ditanggung oleh Pemerintah dan SNMPTN berlaku untuk jenjang S1 Reguler.

 

Jalur SBMPTN

Selanjutnya, UI juga menyediakan jalur SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Setiap peserta yang telah melakukan pendaftaran SBMPTN akan melakukan tahap ujian secara tertulis atau berbasis komputer dan ujian keterampilan bagi peserta yang memilih jurusan bidang kesenian, musik, dan olahraga. Ujian SBMPTN terdiri dari ujian TPA dan TKD (Saintek, Soshum, atau Campuran). Kelulusannyapun dilihat dari hasil ujian. Untuk biaya studi lewat jalur SBMPTN, biaya studinya disubsidi oleh Pemerintah dan SBMPTN ini difokuskan untuk peserta calon mahasiswa S1 reguler.

Jadwal Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2018

Mana nih yang ingin masuk UI? Ceklist ya tanggal-tanggal penting ini dan jangan lupa share ke teman-teman kalian sebanyak mungkin! Nah, kalau kamu masih merasa bingung cari dan menemukan jurusan, perguruan tinggi, beasiswa, serta karir yang cocok langsung aja kunjungi Infokampus.news.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.