Mendes : Pengembangan Desa Berasal Dari Kemauan Masyarakat

Infokampus.news, Malang – Pengembangan desa bukan lagi sebuah PR bagi negara, namun pembangunan dan perkembangan desa adalah tanggungan semua warga Indonesia. Tidak ada yang akan berpengaruh jika diperkotaan masyrakat sudah sangat maju dan berkembang dari segi pembangunan maupun gaya hidup namun warga desa masih saja tertinggal dan mengalami keterpurukan dalam segi ekonomi maupun sosial.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo hadir untuk memberikan sosialisasi mengenai pentingnya solidaritas antar warga Indonesia.

“Bukan tugas pemerintahan lagi untuk membangun kemajuan desa, masyarakat juga harus memiliki kemauan untuk berkembang. Seperti mahasiswa UNISMA yang turun tangan untuk melayani masyarakat, masyarakat lainnya juga harus turut andil dalam pengembangan desa,” paparnya.

“Kegiatan KKN ini adalah wadah yang diberikan UNISMA untuk memfasilitatori masyarakat desa sebagaimana dengan program – program yang sudah dirancang lalu diaplikasikan secara langsung,” pungkasnya.

Pengembangan Desa Dibentuk Untuk Merealisasikan Program Desa Mandiri

Dengan majunya desa – desa tertinggal di Indonesia itu akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Terjun langsung ke masyarakat adalah bukti kepedulian nyata. Membangun relasi dengan masyarakat langsung akan lebih mudah dibandingkan harus melalui banyak program – program yang dilakukan secara tidak langsung.

“Adanya interaksi dengan masyarakat membuat kita lebih memahami apa sebetulnya kebutuhan masyarakat. Kita harus mendidik pribadi kita agar dapat bermanfaat bagi kesejahteraan orang lain. Jika masyarakat perkotaan sudah maju, datangi masyarakat yang di desa. Berbagi pengalaman dan pendapat adalah kunci pertama pengembangan,” paparnya.

“UNISMA mendapatkan tugas untuk melakukan pembinaan, masyarakat desa mendapat tugas untuk mengembangkan potensi yang sudah ada. Menjadi bagian penting dalam mensinergikan beberapa hal yang memiliki tujuan sama,” tutupnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakde Karwo Isi Kuliah Tamu Pascasarjana UM!

Infokampus.news, Malang - Hari ini (16/3) Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan pembicara utama gubernur provinsi Jawa

Close