Pentingnya Pendidikan UNBK Bagi Anak – Anak Putus Sekolah

Infokampus.news, Malang – Banyak kita temui teman – teman pelajar yang menempuh pendidikan formal sedang mempersiapkan diri untuk menempuh pendidikan UNBK untuk April mendatang. Persiapan mulai try out, simulasi, bimbel dan masih banyak lagi upaya – upaya yang dilakukan baik dari pihak sekolah maupun keinginan siswa sendiri.

Belum banyak kita ketahui jika ada teman – teman yang harus putus sekolah karena banyaknya faktor yang membuatnya tidak dapat menempuh pendidikan formal.
Seperti Lembaga PKBM Ash Habul Hidayah Kota Malang yang memperjuangkan hak dari pelajar putus sekolah di Kota Malang.

Ini adalah PKBM pusat kegiatan belajar masyarakat, Lembaga pendidikan non formal yang menangani kesetaraan kejar paket A yang setara dengan SD, paket B setara dengan SMP dan paket C yang setara dengan SMA.

Seperti sekolah formal pada umumnya, Lembaga PKBM Ash Habul Hidayah Kota Malang juga memberikan pendidikan berupa pemberian materi seputar UNBK. Berbeda dengan sekolah formal, jadwal KBM sendiri dilakukan seminggu tiga kali di jalan Ciliwung Airdas no. 30 Malang. KBM dilakukan setiap hari rabu, kamis dan jum’at pada jam 17.00 – 20.00.

Yuli harlita, S.Pd selaku pengelola Lembaga PKBM Ash Habul Hidayah Kota Malang menyatakan jika untuk tahun ini ada 19 peserta didik yang mengikuti program kejar paket C.

“Tidak ada kendala dalam proses pembelajaran, semua sesuai dengan jadwal yang sudah ada,” pungkasnya.

“Rata – rata usia dari peserta didik sendiri adalah anak – anak usia sekolah dan usia bekerja,” paparnya.

“Saya ingin anak – anak didik usia sekolah bisa melanjutkan sekolah yang lebih tinggi, bagi yang sudah bekerja bisa naik jabatan karir di pekerjaannya,” jelasnya.

Simulasi Pendidikan UNBK Bagi Anak – Anak Putus Sekolah

Berdasarkan plotting dari pemerintah pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui dinas pendidikan Kota Malang, pelaksanaan try out simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dilakukan di SMK PU (Pekerjaan Umum) jalan simpang sulfat utara, Kota Malang.

19 peserta didik dari Lembaga PKBM Ash Habul Hidayah Kota Malang mengikuti try out simulasi tersebut. Pengawas simulasi try out sendiri masih dari guru SMK PU yakni 1 orang guru sebagai proctor dan 1 orang lagi sebagai teknisi.

Selanjutnya, nanti ketika pelaksanaan UNBK pada tanggal 15 dan 16 serta 22 dan 23 April terdiri dari proctor dan teknisi tersebut ditambah pengawas dari PKBM Ash Habul Hidayah Kota Malang.

Diharapkan Lembaga PKBM bisa terus mewujudkan wajib belajar 12 tahun untuk pendidikan formal dan membantu melayani masyarakat untuk melanjutkan sekolah pada pendidikan non formal. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Daftar PTN Penyelenggara Ujian Keterampilan Seni Musik pada SBMPTN 2017!

Disitat melalui laman SBMPTN 2017, pemilih jurusan seni musik peserta akan mengikuti ujian berupa tes musikalitas dan tes praktik instrumen.

Close