Disiplinkan Mahasiswa Dengan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Infokampus.news, Malang – Universitas Widyagama Malang berkerjasama dengan FORHATI dan KOHATI Malang membuat pelatihan penulisan karya ilmiah. Workshop penulisan karya tulis ilmiah dan lomba yang diadakan di F9 Universitas Widyagama Malang ini dihadiri oleh tiga pemateri.

Nurudin, S.Sos, M.Si yang juga penulis buku memberikan materi untuk penulisan buku, Dewi Yuhana, S.Psi pimpinan redaksi Malang Post menjelaskan mengenai bagaimana penulisan di media, Dr. Ana Sopanah, SE, M.Si Dosen Universitas Widyagama Malang yang juga ketua FORHATI Kota Malang memberikan materi dari segi akademis.

Kegiatan sediri dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah workshop dan selanjutnya lomba akan dilakukan bertepatan dengan hari kartini mendatang. Sebagai upaya pelatihan secara berkelanjutan, mahasiswa sangat memerlukan pelatihan yang dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga :  Anteng Dengan Kuota, Peminat Kampus UM Masih Stabil
Mahasiswa Perlu Memahami Penulisan Karya Ilmiah Yang Benar

Workshop mengajarkan mahasiswa untuk menulis secara benar dan sesuai dengan format bahasa yang sudah dibuat. Mahasiswa diajarkan trik dan cara untuk menulis Karya Ilmiah dengan metode yang tepat. FORHATI dan KOHATI Malang sangat perduli terhadap pengetahuan mahasiswa mengenai penulisan.

Anifatul Masruroh yang juga ketua pelaksana workshop menyatakan jika peserta workshop sendiri adalah mahasiswa, karena target dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan mahasiswa agar dapat memahami cara membuat laporan penelitian, skripsi dan artikel jurnal dan lain sebagainya.

“Mahasiswa perlu untuk memahami penulisan, dengan workshop ini mahasiswa akan diajarkan untuk memahami prosedur penulisan yang benar. Seorang mahasiswa sangat membutuhkan ilmu penulisan, karena Mahasiswa adalah kaum intelek yang harus membudayakan menulis sejak dini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Informasi Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2017!

Mahasiswa dilatih untuk membuat outline penulisan, dengan begitu dapat terlebih dahulu menentukan tema, dan konsep penulisan yang akan dibuat. Untuk selanjutnya kegiatan bisa dilakukan secara berkelanjutan, karena perlu bimbingan secara terus menerus.

“Pendidikan secara rutin akan menjadikan mahasiswa menjadi terbiasa dan disiplin,” paparnya.

Untuk workshop sendiri ada 115 peserta yang sudah mendaftar, masing – masing dari Mahasiswa Se-Malang Raya meliputi UNITRI, UWG, UB, UNISMA, UMM dan masih banyak lagi mahasiswa – mahasiswa yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

“Lomba penulisan yang akan dilakukan pada hari kartini mendatang akan dikirimkan peserta melalui email dan bisa diterbitkan di Malang Post. Hasil karya peserta yang dikirimkan akan dijadikan sebagai buku yang merupakan dari kumpulan karya peserta,” terangnya. (has)

Baca Juga :  Lokakarya UNISMA, 'Cegah Bencana Dari Bangku Kuliah Hingga Khotbah Jum'at'

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mendorong Potensi Pelajar Melalui Turnamen Bulutangkis

Universitas Widyagama Malang (UWG) mendukung potensi pelajar di Malang Raya melalui Turnamen Bulutangkis

Close