Terkendala Teknis, LTMPT Lakukan Penutupan UTBK Sementara

Infokampus.news – Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sementara ditutup oleh pihak penyelenggara, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Wakil Ketua LTMPT, Joni Hermana menerangkan bahwa penutupan UTBK sementara dilakukan karena beberapa kendala yang telah disampaikan melalui surat pengumuman.

“Penutupan dilakukan sampai besok (Senin, 4 Maret 2019) pukul 08.00,” ujar Joni.

Berdasarkan surat pengumuman nomor 05/Peng.LTMPT/2019 yang dikeluarkan pada 2 Maret 2019, disebutkan bahwa pendaftaran UTBK 2019 ditutup untuk sementara waktu. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto.

penutupan UTBK sementara

Dalam surat edaran resmi tersebut, disebutkan bahwa alasan penutupan UTBK sementara yakni ditemukan kendala sejak pendaftaran dibuka 1 Maret 2019 sampai dengan 2 Maret pukul 12.00 WIB. Kendala tersebut yakni Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Kendala lain terjadi pada sistem pembayaran H2H (host to host) ke bank mitra LTMPT.

Berdasarkan kendala yang dihadapi, LTMPT mengumumkan penutupan sementara sampai 4 Maret 2019 pukul 08.00 WIB. “Bagi peserta yang sudah terlanjur mencetak kartu peserta tetapi belum membayar, harap melakukan LOGIN kembali untuk menyelesaikan pembayaran,” demikian dinyatakan dalam pengumuman.

Dalam surat pengumuman, disampaikan bahwa waktu pendaftaran UTBK Gelombang I masih cukup panjang sampai 24 Maret 2019. Penyelenggara juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan dalam proses pendaftaran UTBK. (him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news, Malang - UM siapkan total sebanyak 1795 komputer untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2019. Menggandeng 4 Perguruan tinggi lain Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Universitas Islam Malang un, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan juga Universitas Merdeka Malang (Unmer). Meskipun tersebar di banyak lokasi, namun peserta SBMPTN harus jeli dan memastikan lokasi ujian beberapa hari sebelum pelaksanaan UTBK. UM sendiri telah menyiapkan beberapa ruangan khusus untuk penyandang…
  • Infokampus.news - Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Bambang Wibawarta, SS, MA mengatakan tahun 2019 ini memang terjadi perubahan besar di bidang penerimaan mahasiswa baru. Perubahan paling mencolok adalah proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sebelumnya berbasis ujian cetak, menjadi ujian tulis berbasis komputer (UTBK). UTBK menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN bagi siswa kelas 12 yang gagal di SNMPTN. Direktorat Jenderal…
  • Infokampus.news - Pendaftaran UTBK akan dibuka mulai 1 Maret 2019. UTBK menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN bagi siswa kelas 12 yang gagal di SNMPTN. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dibelmawa) Kemenristekdikti memberikan penjelasan terkait mekanisme pelaksanaan UTBK. Dibelmawa menjelaskan jika tes hanya dilakukan saat UTBK dan tidak ada tes SBMPTN lagi. Setelah memperoleh skor, siswa baru bisa mendaftar pilihan prodi PTN melalui jalur SBMPTN. Peserta mendapatkan kesempatan dua kali mengikuti…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *