Peran Mahasiswa Dalam Peradilan Indonesia

Infokampus.news, Malang – Semua warga negara sangat berperan penting dalam peradilan negara, khususnya peran mahasiswa dalam peradilan Indonesia sangatlah dibutuhkan. Mahasiswa adalah aset negara, calon – calon anak bangsa yang mengerti kebutuhan negaranya.

Sistem peradilan di Indonesia memang belum sepenuhnya sempurna, banyak lembaga – lembaga negara yang membutuhkan campur tangan masyarakat luar untuk membangun sebuah keadilan.

Universitas Widyagama Malang mensosialisasikan bagaimana pentingnya peran mahasiswa terhadap negara. Tidak hanya Komisi Yudisial dan Mahkamah Agung, mahasiswa sebagai warga negara juga memiliki peran penting dalam menegakkan keadilan hukum di Indonesia.

Dewi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang membahas apakah pandangan peradilan di Indonesia sudah dianggap adil untuk sebuah keputusan. Dan bagaimana keputusan sebagai upaya yang lebih tegas dalam menegakkan keadilan.

“Banyak kasus besar di Indonesia yang disidangkan secara berlarut – larut tanpa ada kejelasan. Sedangkan untuk kasus kecil sendiri bisa diadili secara cepat dengan hukuman pidana yang berat. Kasus korupsi yang merugikan negara dibandingkan dengan kasus pencurian ayam adalah perbandingan yang sangat tidak adil,” ungkapnya.

Sejauh Apakah Peran Mahasiswa Dalam Peradilan Hukum Di Indonesia

Negara memang memiliki lembaga hukum yang bertugas untuk menuntaskan segala permasalahan yang berhubungan dengan hukum. MA dan KY memiliki tugas penting dalam menegakkan keadilan.

Namun harus kita pahami betapa pentingnya mahasiswa dalam menegakkan keadilan, mahasiswa belajar hukum tidak hanya pada kegiatan akademis dibangku perkuliahan. Melalui ukm, komunitas serta organisasi mahasiswa sudah banyak yang mengerti hukum. Dengan tidak buta hukum mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana gambaran hukum dalam sebuah kasus.

Politik, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi, dengan begitu kita harus memiliki landasan hukum yang kuat untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang adil. (has)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peminat Terbanyak, Akuntansi UM Masih Ingin Tingkatkan Kualitas

Hari ini Prodi Akuntansi Universitas Negeri Malang (UM) mendapat visitasi re-akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Setelah sebelumnya

Close