5 Perbedaan CV Kreatif dan ATS, Kamu Harus Pilih Mana?

Infokampus.news, Nasional– Tahukah kamu perbedaan CV Kreatif dan ATS? Mungkin, banyak pencari kerja yang menganggap keduanya sama. Padahal, antara CV Kreatif dan ATS punya perbedaan baik dari segi fungsi dan bentuknya.

Hal ini pun membuat banyak pencari kerja yang kebingungan dalam menentukan jenis CV mana yang harus digunakan untuk melamar sebuah pekerjaa. Beberapa diantaranya mungkin menganggap bahwa CV ATS jauh lebih efektif untuk dapat diterima kerja.

Ada pula yang menyebutkan bahwa CV kreatif jauh lebih menarik secara tampilannya sehingga peluang diterimam dalam sebuah pekerjaan pun akan semakin besar. Nah, agar kamu tidak bingung dalam menentukan model CV mana yangs ebaiknya dipilih. Simak ulasan berikut ini.

Namun sebelum membahasa mengenai perbedaan CV Kreatif dengan ATS, alangkah lebih baiknya kamu berkenalan terlebih dahulu pada keduanya.

Apa Itu CV ATS?

CV ATS Friendly merupakan salah satu format CV yang dibuat supaya berbagai tulisan ataupun informasi bisa terbaca oleh teknologi yang dinamakan dengan Applicant Tracking System (ATS). Adapun, Applicant Tracking System adalah teknologi yang mmebantu para recruiter dalam melakukan screening CV.

Teknologi ini bisa melakukan identifikasi dengan cepat terhadap berbagai kebutuhan yang diinginkan perusahaan, seperti misalnya berapa tahun pengalaman kerja yang dimiliki oleh kandidat, kemampuan kandidat, hingga berbagai informasi lainnya yang ada di CV.

Tak hanya itu, teknologi ini biasanya memberikan peringkat terhadap semua CV yang masuk sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh perusahaan. Misalnya, perusahaan ingin mencari desain grafis yang memiliki keahlian dalam melakukan editing dengan Adobe Photoshop atau Adobe Illustator serta memiliki pengalaman bekerja di bidang tersebut selama kurang lebih 3 tahun.

Dengan begitu, perusahaan bisa memasukkan kata kunci sesuai kebutuhan tersebut di ATS, yang kemudian nantinya ATS akan mengidentifikasi setiap CV yang masuk dan akan mengurutkan CV yang paling mendekati kata kunci yang diinginkan oleh perusahaan.

Biasanya, teknologi ATS ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang melakukan perekrutan secara besar-besaran untuk mempermudah mereka dalam melakukan proses screening dalam jumlah yang banyak tersebut untuk mempermudah para rekruter serta menghemat waktu dalam proses rerutment.

Sementara itu, bagi kandidat, penggunaan CV ATS Friendly dapat membuat mereka terlihat profesional dan elegan lantaran bentuk dari CV ATS Friendly yang terkesan sederhana namun bisa langsung ke intinya, tanpa harus diberi warna ataupun bentuk yang berlebihan seperti yang ada di CV kreatif.

Apa itu CV Kreatif?

CV kreatif bertujuan untuk bisa menarik perhatian dari recruiter melalui format CV yang out of the box dan jarang ditemukan. Biasanya penggunaan warna dan frmat Cv kreatif menjadi poin tersendiri.

Sesuai dengan namanya, CV kreatif biasanya digunakan oleh para kandidat yang ingin melamar di divisi kreatif, seperti misalnya desain grafis, cpntent writer, illustrator, animator, social media, copywriter, dan bidang lainnya yang biasanya berada di bawah naungan divisi kreatif.

Hal ini dikarenakan, biasanya para recruiter akan melihat seberapa besar kreativitas para kandidat yang melamar di perusahaan tersebut. Semakin kreatif dan semakin out of the box, maka peluang untuk melaju ke babak selanjutnya juga akan semakin besar.

Perbedaan CV Kreatif dan ATS

Sebelumnya teah dijelaskan mengenai  apa itu CV ATS Friendly dan CV Kreatif. Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai Perbedaan CV Kreatif dan ATS. Berikut uraiannya.

1. Template dan Desain CV

Perbedaan CV Kreatif dan ATS yang pertama adalah template dan desainnya. CV ATS diseleksi oleh sistem, dan hanya untuk melamar perusahaan profesional. Maka, CV ATS menggunakan background sederhana, hitam putih.

Sedangkan, background CV kreatif lebih luwes, bisa menggunakan warna-warna atau motif yang menggambarkan kreativitas kandidatnya. Biasanya CV kreatif menggunakan warna mencolok atau unik untuk mendapat perhatian dari recruiter. Berbeda halnya dengan CV ATS Friendly, yang lebih sederhana dan mengutamakan kenyamanan pembaca.

2. Waktu Penggunaan

Selanjutnya mengenai kapan waktu pengguanan. Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kedua CV ini? Saat kamu melamar di perusahaan besar, kamu bisa menggunakan CV ATS Friendly. Apabila kamu akan melamar di perusahaan kreatif sebaiknya bisa menggunakan CV kreatif.

3. Format Penulisan

Dalam CV ATS, sistem tidak bisa mendeteksi font yang beragam. Kamu bisa menggunakan jenis font formal, seperti Times New Roman, Helvetica, atau Arial. Sedangkan pada CV kreatif, kamu bisa menggunakan font yang menarik. Namun, usahakan untuk tidak berlebihan dan berlalu beragam. Karena bisa membuat CV kamu terlihat berantakan.

4. Pemilihan Bahasa

Bahasa yang digunakan kedua CV ini berbeda. CV ATS biasanya lebih mudah mendeteksi bahasa Inggris. Sementara, dalam menulis CV kreatif, bahasa yang kamu gunakan lebih bebas. jadi, saat hendak membuat CV Kreatif amupun ATas sebaiknya memperhatikan pula pemilihan bahasa yang digunakan.

5. Pemilihan Keyword

Perbedaan CV Kreatif dan ATS berikutnya adalah terkait pemilihan keyword. Ketika kamu menggunakan CV kreatif, kamu perlu mengutamakan tingkat estetik CV daripada keyword yang digunakan lantaran beberapa recruiter menilai daya dari CV.

Berbeda halnya dengan CV ATS, kamu tidak perlu memusingkan keunikan CV-mu. Hanya perlu memperhatikan keyword atau kualifikasi yang digunakan perusahan. Kuncinya, semakin relevan keyword yang digunakan maka semakin mudah kamu lolos ke tahap berikutnya.

Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan CV Kreatif dan ATS. jadi sekarang kamu tidak perlu bingung lagi bukan?

(adinda)

Leave a Reply

Your email address will not be published.