Berikut ini Perbedaan Prodi teknik Informatika dengan Prodi Sistem Informasi

Infokampus.news –  Terkadang ada pertanyaan apa sih perbedaan Prodi teknik Informatika dengan Prodi sistem informasi?  Ibarat jurusak kedokteran dan kesehatan masyarakat. Yang satu lebih bersifat teknis, satunya lebih bersifat manajerial. Sistem Informasi dan Teknik Informatika jelas berbeda. Mungkin dengan sedikit penjabaran, kita bisa tahu apa bedanya prodi informasi dengan prodi lain.

Di Indonesia sendiri hanya ada tiga jurusan yang mempelajari kurikulum tentang komputer, yaitu Computer Science untuk jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer, Computer Engineering untuk jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer, serta Information System untuk Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika.

Sistem Informasi pada jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.

Cakupan ilmu, fokus pada teknik mengintregasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi. Menekankan pada :informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.

Pada intinya sistem informasi mempelajari aspek bagaimana “informasi” diciptakan, diproses dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam institusi.

Teknik Informatika, jurusan ini mempelajarai tentang bagaimana mengembangkan computer vision, robotica, intelligence system, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang.

Cakupan ilmu, spektrumnya sangat beragam dari yang sangat teoritis dan algoritmis hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas. Ini terbagi menjadi tiga bagian utama yang fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak, dalam proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya dan sebagai model matematis dalam menyelesaikan permasalahan tertentu.

Dengan ini setidaknya ada gambaran bagi calon mahasiswa baru yang akan mengabil jurusan kuliah mengenai teknologi informasi. Jelas teknik informatika dan sistem informasi sangat berbeda dimana Sistem informasi mempelajari tentang managemen IT dan Teknik informatika mempelahari tentang pengembangan komputer. (Jul)

 

Berita Terkait

  • InfoKampus.news – Hai, selamat buat kamu yang resmi di terima di perguruan tinggi Negeri maupun Swasta impian kamu. Kali ini tim infokampus akan berikan beberapa tips kuliah untuk kamu yang resmi menjadi mahasiswa baru. Pertama, Niatkan  tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Menetapkan tujuan dan memenuhinya benar-benar menjadi momentum kesuksesan. Memiliki tujuan akan memberi kita arah dalam kehidupan kuliah. Sebuah tujuan juga akan mendorong kita terus maju ketika kita ragu…
  • Era perkembangan teknologi perbankan yang semakin maju saat ini berdampak pada porak-porandanya lanskap proses bisnis yang berlaku di era sebelumnya. Kegiatan yang terjadi pada industri perbankan,
  • Infokampus.news – bagi kamu anak SMK yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan poendidikan yang l;ebih tinggi jangan khawatir dan merasa minder ya, kali ini tim infokampus akan memberikan beberapa tips untuk kalian supaya bisa rebut bangku di perguruan tinggi yang kalian inginkan! Pahami Persyataran Pendafataran Masuk Perguruan tinggi Ada beberapa cara supaya kamu lolos dan bisa masuk perguruan tinggi sesuai kemauan kamu, salah satunya pahami syarat pendafataran, biasanya di tiap website…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Pangdivif 2 kostrad
Gandeng PANGDIVIF 2 KOSTRAD, Polinema Ingin Indonesia Bebas Ketergantungan Teknologi Impor

Dalam penandatanganan nota kesepahaman Politeknik Negeri Malang dengan PANGDIVIF 2 KOSTRAD yang digelar siang ini (26/7), Wakil Direktur 1 POLINEMA Supriatna

Close