Perdana! UB Wisuda 20 Mahasiswa Program Profesi Insinyur Angkatan I

Infokampus.news, Malang – Hari ini (4/4) 20 mahasiswa program profesi insinyur resmi menyandang gelar Insinyur dari Universitas Brawijaya Malang (UB). Setelah melalui asesmen pada tanggal 18-19 Desember 2018 yang lalu, 20 mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) diwisuda dan diambil Sumpah Insinyur (4/Apr/2019).

Wisudawan kali ini adalah angkatan pertama dari PSPPI FTUB yang juga merupakan pimpinan fakultas dan jurusan di lingkungan Fakultas Teknik. Selain wisuda, UB dan juga PSPPI menjalin berbagai kerjasama yang ditandai dengan ditandatanganinya MoU hari ini.

“Jumlah insinyur di Indonesia ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Oleh karena itu PII sangat mendukung program ini demi menciptakan insinyur yang berdaya saing dan memberi nilai tambah yang tinggi bagi kesejahteraan dan kemakmuran bangsa,” ungkap Dr. Heru Dewanto ketua PPI salam sambutannya.

Padahal jumlah Universitas di Indonesia sangatlah banyak, tercatat hampir 60 universitas saja ada di Malang. Ia membayangkan jika semua Universitas mampunmenggelar program ini maka per tahun akan ada sekitar 56.000 insinyur yang memiliki kompetensi membangun negeri ini.

Baca Juga :  UM Selenggarakan International Conference on Islam, Economy and Halal Industry 2019

“Kenapa insinyur ini penting dan sangat dibutuhkan? Karena insinyur ini tak sekedar membangun jembatan antar pulau, namun juga sekaligus menjembatani antar suku, budaya, agama dan sebagainya. Insinyur ini kerjanya tidak hanya di satu bidang tapi juga banyak bidang lain. Menjadi insinyur di Indonesia tantangannya lebih tinggi daripada jadi insinyur di negara lain. Untuk itu kenapa mantan presiden-presiden kita 3 diantaranya adalah insinyur? Ada yang bilang kebetulan tapi sebenarnya tidak.” Tukas Heru.

Untuk itu PSPPI FTUB sendiri mulai dibuka pada Semester Ganjil 2018/2019. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 40 orang yang telah mendaftar pada PSPPI FTUB. “Kedepannya PSPPI FTUB akan terus menjalin kerjasama dengan industri yang bergerak dalam bidang keinsinyuran dalam rangka meningkatkan profesionalisme Insinyur ini,” ungkap Ketua PSPPI FTUB, Ir. Ludfi Djakfar, MSCE Ph.D. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *