Perhatikan Hal Ini Sebelum Ambil Program Ekstensi D3 ke S1

Infokampus.news – Meskipun tak bergelar sarjana, nyatanya program diploma banyak digemari oleh para lulusan SMA. Faktor-faktor yang mendorong para alumnus SMA/SMK ini untuk memilih program diploma antara lain karena jurusan yang diminati hanya menyediakan program diploma. Atau mungkin alasan lainnya adalah ingin berkuliah dengan waktu yang lebih singkat dibanding program S1. Namun pada akhirnya, tak sedikit pula yang ingin melanjutkan kuliah hingga sarjana meskipun mereka telah atau tengah menjalani kuliah diploma. Untuk masalah ini Sobat FoKus tak perlu khawatir, beberapa perguruan tinggi di Indonesia membuka program ekstensi atau alih jenjang.

Apa yang dimaksud dengan program ekstensi?

Program ekstensi adalah salah satu program pendidikan yang bisa dipilih oleh mahasiswa lulusan program D3 yang ingin mengekstensi atau memperpanjang jenjang pendidikannya menjadi S1. Jadi, melalui program ini, para lulusan D3 bisa melanjutkan kuliahnya hingga S1 tanpa perlu mengulang dari awal, yang akan membutuhkan setidaknya satu tahun masa perkuliahan ekstensi. Nantinya, gelar D3 kalian akan berganti menjadi gelar Sarjana. Namun, Sobat FoKus perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Pilih Perguruan Tinggi yang Menyediakan Program Ekstensi

Sebelum kalian memutuskan untuk kuliah di mana dan jurusan apa, caritahu terlebih dahulu kampus mana saja yang menyediakan program ekstensi. Hal ini akan membantu kalian untuk mengerucutkan pilihan yang mungkin akan kalian ambil.

2. Pilih Jurusan yang Sebidang

Jika Sobat FoKus ingin mengikuti program ekstensi ini, maka pilihlah jurusan yang sebidang dengan jurusan kalian sebelumnya di program D3. Contoh: jika sewaktu D3 kalian mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, maka pilihlah S1 Teknik Informatika atau Sistem Informasi. Mengapa demikian? Sebab namanya saja ekstensi alias perpanjangan. Jadi, di sini kalian hanya akan menambah mata kuliah yang sebelumnya belum kalian ambil tanpa perlu retake mata kuliah yang sudah pernah kalian ikuti. Tak perlu bingung, pilihlah dulu jurusan yang linier, nanti pihak kampus yang akan memutuskan sisa jumlah SKS yang perlu kalian ambil.
Jika memilih jurusan yang sama sekali berbeda dengan jurusan kalian sebelumnya, maka otomatis harus mengikuti perkuliahan sejak awal dan mendasar, yang berarti kalian sama saja dengan berkuliah lagi (bukan memperpanjang) dan akan mendapatkan dua gelar yakni Diploma dan Sarjana.

Nah, itu tadi hal-hal yang harus kalian perhatikan sebelum mengambil program ekstensi dari D3 ke S1. Dua hal tersebut saling berkaitan, namun tak harus berurutan. Jika kalian mempertimbangkan poin kedua terlebih dahulu juga tak apa-apa. Yang penting, siapkan dirimu sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
kkn umm 2018
Cegah Penyakit Anggota Gerak Pada Lansia, Mahasiswa KKN UMM Adakan Cek Kesehatan Gratis

Infokampus.news - Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Malang (KKN UMM) Kelompok 103 mengadakan serangkaian kegiatan kesehatan di antaranya

Close