Perhatikan Himbauan Menristekdikti Terkait Soal UTBK SBMPTN 2019

Infokampus.news – Penutupan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 gelombang II resmi ditutup sejak 1 April kemarin. tahapan selanjutnya peserta akan mengikuti tes pada 13 April mendatang. sebagai langkah antisipasi koneksi internet padat, soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 harus diunduh panitia 1 hari sebelum pelaksanaan ujian.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir saat meninjau simulasi UTBK di lokasi tes Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang beberapa hari lalu.

Dikutip dari Kompas.com Menristek meminta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan panitia UTBK lokal menginstall aplikasi UTBK dan mengunduh seluruh soal sebelum Tes Gelombang Pertama UTBK dilakukan.

Melalui akun ig @sekresbmptn pada hari rabu, panitia dalam hal ini melalui LTMPT harus mematikan atau mengoffkan server dengan alasan untuk pemeliharaan. oemeliharaan dilakukan hanya hari ini saja.  hal ini untuk mengantisipasi koneksi internet yang terlalu padat apabila semua lokasi tes mengunduh soal menjelang atau pada saat tanggal tes.

Baca Juga :  Masih bingung? Beginiloh Cara yang Ditempuh untuk Hitung Peluang Tembus PTN

“untuk mengatasi kendala yang terjadi, yang paling pertama soal sudah di download sebelumnya dan diterima, yang penting pada saat hari H (aplikasi) diinstall di tempat ujian, tidak terjadi masalah” Imbau Menteri Nasir. semua peserta UTBK yang mendaftar akan mendapatkan kursi di lokasi ujian yang mereka masing-masing pilih.

Menristekdikti juga menyampaikan pemerintah menjamin semua peserta SBMPTN 2019 memiliki kesempatan sama dalam masuk ke perguruan tinggi Negeri. Sebelumnya pemerintah melalui Kemenristekdikti memberikan jaminan kepada seluruh calon peserta SBMPTN bahwa mereka bisa mendaftar dalam UTBK 2019.

“beberapa ahri yang lalu pendaftaran melalui online SBMPTN banyak yang terganggu karena apa? yang terjadi adalah 50 ribu peserta mendaftar waktu yang sama, hari ini sudah berjalan lancar, sistem sudah berjalan lancar”

Menjelang pendaftaran dan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019, ada baiknya para calon peserta belajar terlebih dahulu. mempelajari soal akan membuat para calon peserta lebih siap menghadapai UTBK SBMPTN 2019. sehingga pada akhirnya kemungkinan lolos menjadi lebih besar.

Baca Juga :  Unikama Adakan Halal Bihalal, Rektor: Jalin Silaturahmi dan Kebersamaan

Peserta juga bisa mendownload dengan kisi-kisi soal dari link resmi, caranya untuk yang sudah melakukan pedaftaran dan pembayaran, silahkan memilih menu riwayat UTBK kemudian download contoh soal UTBK yang bersebelahan dengan tata tertib, disana terdapat gamabran bentuk soal-soal yang diujikan.

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di skeolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam emnempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dnegan konten mata pelajaran yang di pelajari di sekolah. penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *