Perihatin Angka Kecelakaan Tinggi, Siswa Ini Buat Helm Anti Ngantuk!

Infokampus.news, Malang – Khoiron galuh mega putra siswa dari SMA 2 kota Batu saat ditemui dalam lomba yang diadakan Universitas Ma Chung beberapa waktu lalu mengungkapkan perihatinannya terhadap survei tingkat kecelakaan kendaraan bermotor pada sebuah website online Indonesia. Data yang ia rujuk yaitu hasil survei merdeka.com pada tahun 2013 yang menyebutkan kecelakan terjadi sekitar 120 per hari diakibatkan kendaraan bermotor.

Baca Juga:

Ia menjelaskan salah satu faktor tertinggi penyebab kecelakaan kendaraan bermotor tersebut terjadi lantaran ngantuk dan kelelahan.

“Biasanya karena ngantuk dan kelelahan, nah ini terjadi karena kurang asupan oksigen ke otak saat berkendara, kalau memakai helm kan kaca tertutup,” ujarnya pada tim infokampus.news.

Hal inilah yang melatar belakangi Khoiron membuat helm yang anti ngantuk untuk mencoba memberikan solusi mengurangi angka kecelakaan motor di Indonesia.

Lubang Pada Kaca Helm Sebagai ‘Ventilasi’

Dari data yang ia peroleh, ahirnya ia menemukan salah satu cara untuk menanggulangi hal ini, yaitu dengan memberi ‘ventilasi’ pada kaca helm.

“Saya lubangi kaca dengan diameter tertentu di sebelah kiri, saya sudah lakukan trial and error 3 kali untuk hal ini. Ahirnya pada percobaan yang ketiga, saya coba nyetir dengan helm tersebut Malang – Tulungagung dan ya rasanya memang enak tidak ngantuk.” tuturnya kemudian.

Untuk helm fenomenal yang ia buat ini ia membanderol harga 400 ribu rupiah saja, namun ia mengaku untuk saat ini ia masih belum menerima pesanan helm anti ngantuk meskipun banyak guru dan teman sekolahnya yang ingin membeli.

“Saya masih sibuk ini mau ujian, lagian saya belum bisa kalau buat banyak karena terbatas modal dan waktu juga. Ini juga masih harus saya perbarui lagi manuvernya,” imbuhnya.

Penulis : Irma

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Talkshow Digitalk : Potensi naik, Mahasiswa Jangan Takut Buat Start Up Digital

Keluarga besar mahasiswa sistem informasi (KBMSI), Universitas Brawijaya (UB) hari ini menggelar talkshow Digitalk dengan mengangkat tema “Creative Expression iN...

Close