Peringatan Hari Pahlawan “Jangan Hanya Simbolis”

Infokampus.news Universitas Al Asyariah Mandar,(Unasman) Sulawesi Barat menggelar upacara peringatan hari Pahlawan Nasional di pelataran Kampus Unasman, Sabtu (10/11). kegiatan ini digelar bersama dengan Racana Unasman KH. Sahabuddin dan Rabiatul Adawiah sebagai petugas dalam upacara itu.

Pada kesempatan itu Rektor Unasman Chuduriah Sahabuddin bertindak sebagai pemimpin upacara mengajak seluruh mahasiswa, civitas akademika Unasman dan element masayrakat lainnya agar menjadikan peringatan hari pahlawan ini bukan sekedar simbolik saja, tapi harus dimaknai secara mendalam dan melakukan introspeksi.

“Momentum hari pahlawan ini bukan sekedar prosesi seremonial saja, tetapi di momentum ini, kita harus lebih menggali semangat dan memunculkan semnagat baru disertai implementasi kepahlawanan dalam ekhidupan sehari-hari kita, termasuk melakukan introspeksi diri dalam kehidupan bermasyarakat berbanga san bernegara” Ungkapnya.

Selain itu, Chuduriah Sahabuddin juga mengajak semua untuk memahamai setiap etape dan sejarah perjuangan pahlawan kita, dimana para pahlawan banyak melahirkan ide dan gagasan serta keuletan untuk mempertahanakan kemerdekaan dan mengisi pembangunan.

“Pada hakikatnya, setiap eprjuangan pasti memiliki hasil, oleh karena itu, peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan transformatif, baikd alam semangat mempertahankan tanah air, maupun dalam mengisi pembangunan kita di era revolusi industri 4.0 saat ini,” Tambahnya.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, selain dari pada orasi Rektor Unasman, para peserta upacara juga menyampaikan pesan-pesan pahlawan ansional mulaid ari Pattimura, Soekarno Hatta hingga pahlawan Nasional lainnya. kegiatan ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika dan seluruh mahasiswa Unasman yang tergabung dalam BEM, HMJ dan seta UKM se-Unasman.  (Jul)

Berita Terkait

  • Masih dalam momentum hari pahlawan 10 November, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir berpesan, generasi muda saat ini harus menjadikan perjuangan para pahlawan terdahulu sebai inspirasi mereka dalam menjaga persatuan dilakangan pemuda. Menurutnya, Kalangan anak muda saat ini harus bisa mendorong persatuan dan kebhinekaan dalam masyarakat.
  • Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, 10 November, Kreavi bekerja sama dengan Tempo menggelar pameran grafis dengan tema Boeng Ajo Boeng”. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat berbeda, yakni pameran diselenggarakan di Gedung Tempo. Sedangkan pesta rakyat diselenggarakan di Museum Bank Indonesia, Jakarta.
  • Infokampus.news - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempunyai pandangan tersendiri mengenai sosok pahlawan di zaman sekarang. saat memberikan tausiyah pada Gerakan Subuh Jamaah Nasional (GSJN) di Masjid Salman ITB Bandung, Sabtu 3 November 2018. Ridwan kamil memngungkapkan bahwa pahlawan merupakan individu yang sudah selesai mendefinisikan kebutuhan dirinya sehingga dapat memberikan waktunya untuk masyarakat. bagi Emil, pahlawan di era revolusi industri 4.0 ini bukan lagi ada di dimensi kebebasan tetapi ada…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Pelaku Pelecehan Seksual
Waspadai Tingkah Laku Aneh Pelaku Pelecehan Seksual

Infokampus.news - Pelaku pelecehan seksual selalu memiliki cara untuk memanipulasi calon korbannya, baik perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan yang sama

Close