Peringati Hari Batik Nasional, Mahasiswa DKV ISI Solo Ciptakan Karya Motif Batik

Infokampus.news – Aksi menggambar beragam motif batik, digelar oleh para mahasiswa Prodi DKV ISI Surakarta, di selasar Pendapa Ageng ISI Solo. Kegiatan ini dilakukan pada Senin (1/10) dalam rangka menyambut Hariu Batik Nasional, Selasa (2/10).

Acara digelar sebagai bentuk kepedulian akan tradisi lokal yang tergerus perkembangan zaman, sekaligus mengenalkan seni tradisi kepada generasi millenial. Kaprodi DKV ISI Solo, Asmoro mengatakan kegiatan diadakan sesuai dengan pengajaran mata kuliah menggambar etnis.

“praktik mata kuliah menggambar Etnis dilakukan mahasiswa semester i angkatan 2018 DKV, bersama mengekspresikan goresan motif batik.” Ungkapnya.

Dalam praktiknya, mahasiswa menggunakan media pendukung berupa kerta ukuran A4 dengan spidol, pensil, rapido, dan alat gambar lainnya. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dibekali muatan lokal berupa motif batik yang diharapkan dapat menginspirasi karya desain komunikasi visual berunsur lokalitas namun bercita rasa global alias mendunia.

Pembina HIMA DKV ISI Surakarta, Basnendar Herry, menjelaskan bahwa kegiatan aksi massal bertajuk “

Millenial Unjuk Rupa Batik Nusantara “ ini diikuti oleh kurang lebih 82 mahasiswa.

“selain untuk menyambut peringatan Hari Batik Nasional, setiap tanggal 2 Oktober, acara juga bertujuan sebagai pre-vent BAF (Batik Art Fest) 2018,” Ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa tema BAF kali ini adalah “ Dahayu Niwasan Truntum” BAF nantinya akan diselenggarakan oleh FSRD ISI Solo di Kampus II Mojosongo pada 5-6 Oktober 2018.

Batik Art Fest tahun 2017 berlangsung di gedung Sungging Prabangkara kampus 2 ISI Surakarta Jl Ringroad Mojosongo Km 5,5 Jebres Surakarta. Mengambil tema Grow and Thrive BAF 2017 mengajak siswa SMK/SMA, perwakilan perguruan tinggi yang mempunyai program studi tekstil, batik, desainer fashion dan tata busana, SMK, UKM, dan pelau usaha industri fashion di Indonesia serta desainer muda berbakat seluruh Indonesia.

Selain Batik Art Fashion acara ini juga dimeriahkan oleh pameran batik, bazar batik nusantara, 12 jam membatik, workshop dan talkshow batik. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
rawat kulit indahmu
Rawat Kulit Indahmu dengan Memanfaatkan Kopi Hitam dan Kopi Hijau

Infokampus.news – Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat digemarid i Indonesia. Berbagai jenis dan macam-macam kopi tergantung berasal dari

Close