Peringkat IPB Versi Ristekdikti, Berapa Ya?

Infokampus.news – Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri (PTN) berbasis pertanian dan kedokteran hewan di Indonesia yang menyematkan kata ‘pertanian’ pada namanya. Sebelumnya, IPB adalah sebuah fakultas pertanian milik Universitas Indonesia. Akhirnya pada tahun 1963, Presiden Pertama RI Ir. Soekarno melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Insitut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri. Meskipun IPB awalnya hanya pecahan dari UI, namun kualitasnya mampu menyaingi eks induknya ini. Terbukti, peringkat IPB versi kelembagaan Ristekdikti kini satu angka di atas UI. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini!

Peringkat IPB Buktikan Konsistensinya Tingkatkan Kualitas

Dilansir dari kelembagaan.ristekdikti.go.id, Peringkat IPB berhasil menduduki 2nd runner up alias peringkat 3 perguruan tinggi negeri terbaik se-Indonesia dalam pemeringkatan perguruan tinggi tahun 2017. Hal ini menunjukkan IPB memiliki jiwa kompetitif nan progresif, mengingat pada tahun sebelumnya IPB berada di urutan ke-4.

IPB juga merupakan salah satu PTN-BH yang berwenang untuk mengelola keuangannya sendiri. Hal tersebut adalah penanda bahwa IPB telah benar-benar teruji kualitasnya sebab indikator penilaian suatu PTN untuk bisa diangkat menjadi PTN-BH pun sangat ketat.

IPB sebenarnya adalah kelanjutan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian dan kedokteran hewan yang dimulai pada awal abad ke-20 ini di Bogor. Sebelum perang dunia II lembaga-lembaga pendidikan menengah tersebut dikenal dengan nama Middelbare Landbouw School, Middelbare Bosbouw School dan Nederlandsch Indische Veeartsen School. Seiring perkembangannya, sekolah-sekolah tersebut digabung menjadi Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan, Peternakan Universitas Indonesia sebelum akhirnya melepaskan diri sebagai Institut Pertanian Bogor (IPB) seperti yang kita kenal sekarang. Kini IPB mempunyai 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis, meliputi Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, dan Fakultas Ekologi Manusia.

Terletak di Bogor, IPB menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan kampus yang hijau dan dinamis. Beberapa kali IPB mendapatkan penghargaan atas kampus hijau, salah satunya ialah Juara I Green Living Movement. Tak heran, jika mendapati IPB rindang sebab pepohonan berjajar di kawasan kampus IPB.

Selain itu, dengan kurikulum yang dilengkapi dengan mata kuliah kewirausahaan, IPB telah menghasilkan banyak mahasiswa yang sukses berwirausaha. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan, IPB telah melahirkan banyak wirausaha muda. Bukan main-main pula, prestasi mahasiswa terus terukir di IPB baik dalam skala nasional maupun internasional.

Kalian yang berkuliah di IPB berpeluang besar untuk segera mendapatkan pekerjaan karena begitu banyak jaringan yang bekerja sama. Sebab tak ketinggalan dari kampus papan atas lainnya, dari rahim IPB terlahir pula nama-nama gemilang seperti Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan penulis Asma Nadia, serta banyak pengusaha maupun alumni-alumni lain yang sukses di bidangnya.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk berkuliah di IPB? (him)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
mahasiswa amerika
Wih, UNISMA Datangkan Mahasiswa Amerika Ternyata Ingin Ini..

Infokampus.news, Malang - Total sebanyak 25 orang mahasiswa Amerika datang ke kampus UNISMA hari ini (18/1) untuk sharing ilmu dalam

Close