Peringkat ITS Ini Meningkat dari Tahun Sebelumnya, lho!

Infokampus.news – Sudah pada kenal ITS? Apakah itu Institut Teknologi Surabaya? Jawabannya ya dan tidak. Ya, karena ITS berlokasi di Surabaya. Tidak, karena ITS kepanjangannya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Banyak yang salah paham akan kepanjangan ITS ini. Namun di sisi lain, banyak pula yang sangat paham bahwa ITS adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia sejak beberapa dekade terakhir. Peringkat ITS di berbagai lembaga pemeringkatan jarang bahkan hampir tidak pernah lagi berada dalam posisi dua digit. Termasuk versi kelembagaan Ristekdikti. Penasaran bagaimana keunggulan ITS sehingga raih peringkat ini? Simak ulasan di bawah ini.

Peringkat ITS Buktikan Keunggulannya

Tahun 2017, ITS resmi menduduki urutan ke-5 perguruan tinggi negeri terbaik se-Indonesia oleh kelembagaan Ristekdikti dengan skor 3,23. Ini adalah bukti bahwa perlahan tapi pasti, ITS terus mengejar prestasi dan meningkatkan kualitasnya, sebab ITS telah berhasil naik tangga dari peringkat 6 menuju peringkat 5 dalam waktu satu tahun.

Peringkat ITS ini tidak mungkin didapat dengan cuma-cuma, tentunya ini adalah raihan dari seluruh civitas akademika ITS baik mahasiswa, tenaga pendidik maupun kependidikan. Pemeringkatan ini didasarkan pada kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh kelembagaan Ristekdikti, salah satunya adalah status akreditasi institusi serta program studi. Tak kalah pentingnya, akreditasi ITS yang penilaiannya didasarkan pada indikator yang sudah disiapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ini telah berhasil mendapat predikat “A” begitupula dengan program studi yang mayoritas telah dilabeli “A” oleh BAN-PT.

Prestasi-prestasi mahasiswanya menjadi salah satu pendukung berkualitasnya ITS. Selain IPK yang bagus, prestasi non-akademik juga tak henti-hentinya terukir di kampus ITS. Pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2017, ITS berhasil meloloskan 271 judul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang melibatkan sebanyak 151 dosen pendamping. Di samping itu, tak jarang mahasiswa yang berhasil berpartisipasi dan bahkan memenangkan ajang perlombaan bergengsi nasional maupun internasional. ITS juga telah melahirkan tokoh-tokoh cerdas seperti Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan komedian sekaligus ahli silogisme Lies Hartono alias Cak Lontong.

Staff pengajar ITS merupakan lulusan perguruan tinggi terbaik dalam dan/atau luar negeri dengan jumlah 970 orang yang mana 94 orang diantaranya adalah guru besar, 405 doktor (S3), 569 orang magister (S2), dan 13 orang sarjana (S1).

ITS terkenal dengan Teknik Perkapalannya sebagai salah satu departemen unggulan. Departemen Teknik Perkapalan ITS merupakan pelopor pengembangan ilmu kemaritiman di Indonesia dan Asia Tenggara. Departemen Teknik Perkapalan juga telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sebagai Departemen ilmu maritim tertua di Indonesia dan ASEAN, Departemen Teknik Perkapalan ITS menjadi referensi bagi ilmu kemaritiman di generasi setalahnya. Dalam program pascasarjana, ITS telah bekerjasama dengan The University of Newcastle Upon Tyne sejak tahun 1992 dan terus melakukan pengembangan dalam bidang kemaritiman global. Tak hanya itu, beberapa departemen lain pun telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri.

Sarana dan prasarana ITS terbilang cukup mumpuni, dengan laboratorium yang lengkap sebagai pendukung proses belajar-mengajar semua jurusan. Kampus yang tersebar di 3 tempat berbeda, mampu menampung belasan ribu mahasiswa.

Itu tadi peringkat ITS Surabaya berdasarkan versi kelembagaan Ristekdikti. Pokoknya, Sobat FoKus tidak akan menyesal jika memilih ITS sebagai tempat kuliah, selain staf pengajar yang berkualitas, fasilitasnya lengkap lho! Tertarik? Kunjungi websitenya untuk info selengkapnya di sini its.ac.id (him)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gelar Festival Budaya Nusantara, Kebhinekaan Terasa Kental di Kampus IKIP Budi Utomo

IKIP Budi Utomo (IBU) hari ini (15/1) menggelar festival budaya nusantara. Acara yang digadang gadang akan menjadi acara tahunan ini

Close