Peringkat Satu, UB Jelaskan Prodi Hukum dan Saintek yang Paling diminati di SBMPTN 2019

Infokampus.newsUniversitas Brawijaya (UB) menempati peringkat pertama sebagai kampus paling diminati dalam SBMPTN 2019 berdasarkan data dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Tercatat, ada 55.871 peminat yang ingin masuk ke kampus negeri yang berada di Kota Malang tersebut. Jumlah tersebut jauh mengungguli kampus ternama lain seperti Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, bahkan Universitas Indonesia. Wakil Rektor I UB, Aulanni’am, mengatakan bahwa banyaknya pilihan program studi menjadi alasan mengapa kampus tersebut menjadi jujukan utama para calon mahasiswa.

Dari total 55.871 peminat tersebut, hanya 5.615 mahasiswa yang diterima Universitas Brawijaya melalui jalur SBMPTN atau 40 persen dari total kuota. Sementara untuk jalur SNMPTN akan kebagian kuota sebesar 30 persen.

Dari total peminat tersebut, program studi di bidang sains dan teknologi (saintek) lebih diminati daripada sosial dan humaniora. Menurut Aulanni’am, setidaknya ada 33.987 peminat di bidang sains dan teknologi. Sementara untuk bidang sosial dan humaniora diminati sekitar 21.884 orang.

“Tahun ini UB juga menjadi yang terbanyak untuk pendaftaran seleksi melalui jalur SNMPTN,” ucapnya.

Baca Juga :  Dari Hobi Menari, Aristi Intan Berhasil Juarai Berbagai Kompetisi Dance

Ada pun jika dilihat dari program studi, Hukum menjadi  yang paling diminati. Tercatat ada sekitar 2.584 pendaftar pada program studi tersebut. Jumah itu diikuti Agroteknologi pada Fakultas Pertanian sebanyak 2.202. Ada pun peringkat ketiga terbanyak adalah program studi Peternakan mencapai 1.734 pendaftar.

“Sejauh ini untuk akreditasi masing-masing jurusan sudah bagus. Hampir 50 persen dari program studi yang ada sudah terakreditasi A,” sambungnya.

Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang gagal di SBMPTN mau pun SNMPTN, Brawijaya masih membuka kesempatan melalui jalur mandiri dengan kuota 30 persen. Hal itu tentu menjadi peluang berharga bagi calon mahasiswa yang ingin masuk melalui jalur mandiri.

“Syarat-syaratnya (jalur mandiri) bisa dilihat di situsweb resmi UB,” tutup Aulanni’am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *