Ada Kampus Bonafit di Kota Pahlawan? Peringkat UNAIR Ini Buktikan Kualitasnya

Infokampus.news – Lembaga dan/atau situs pemeringkatan perguruan tinggi berlomba-lomba menilai kualitas kampus-kampus di Indonesia berdasarkan indikator dan objektivitas masing-masing. Alhasil, peringkat setiap perguruan tinggi pun bisa berbeda-beda dalam berbagai lembaga pemeringkatan. Seperti Universitas Airlangga (UNAIR) misalnya. Dari beberapa situs pemeringkatan baik nasional maupun internasional, peringkat UNAIR berbeda-beda. Namun, rata-rata hampir berada di sepuluh urutan tertinggi se-Indonesia lho. Seperti yang satu ini, UNAIR ternyata senantiasa bertahan di sepuluh perguruan tinggi negeri terbaik versi Ristekdikti. Kali ini peringkat UNAIR berada di angka 7. Yuk, kita intip seperti apa sih UNAIR ini!

Peringkat UNAIR : dari, oleh, dan untuk UNAIR

Universitas Airlangga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia khususnya Jawa Timur. Kualitas akademiknya jangan ditanya lagi, sudah berada di atas rata-rata. Sarana dan prasarananya pun mendukung. Karena kualitasnya semakin bagus, kuantitasnya pun bertambah seiring berjalannya waktu, sehingga sampai saat ini berdirilah 3 Kampus UNAIR di lokasi berbeda-beda untuk menampung puluhan ribu mahasiswa.

Prestasi akademik mahasiswa pun tak luput dari bimbingan para tenaga ahli di bidang masing-masing. Tercatat sampai hari ini, ada sekitar 1040 dosen bergelar master, 495 dosen bergelar doktor, dan 167 profesor aktif sejak UNAIR menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), dan 465 sejak UNAIR berdiri tahun 1954.

Berkat perkembangannya, UNAIR berhasil meraih status PTN-BH yang untuk meraihnya tentu tidaklah mudah. Banyak kriteria yang disyaratkan oleh lembaga pemerintahan terkait perubahan status PTN menjadi PTN-BH, peringkat UNAIR adalah salah satunya. Perjuangan UNAIR tentu membuahkan hasil hingga akhirnya Undang-undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud) yang telah disahkan 2012 silam melalui UU Dikti No. 12/2012 menginstruksikan tujuh Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN) untuk berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) di tahun 2013. Salah satu dari tujuh kampus tersebut adalah Universitas Airlangga (UNAIR).

UNAIR juga berhasil mencetak lulusannya menjadi orang-orang besar. Banyak alumni yang menduduki posisi strategis di kursi pemerintahan, seperti Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi, dan masih banyak lainnya.

Wah, tak heran ya jika peringkat UNAIR selalu stabil berada di jajaran teratas perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Buat  mahasiswa UNAIR, lanjutkan perjuangan para pendahulu kalian. Buat para calon anak kuliahan, tertarik untuk mendaftar di UNAIR? (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kini Punya Videotron, UNISMA Coba Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Universitas Islam Negeri Malang (UNISMA) hari ini (4/1) resmi launching videotron. Videotron yang dibangun tepat di depan halaman kampus ini...

Close