Kampus Favorit Indonesia Timur, Ini Dia Peringkat Unhas Versi Ristekdikti

Infokampus.news – Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar menjadi salah satu dari 9 universitas terbaik versi kelembagaan Ristekdikti. Tahun ini, UNHAS berada di peringkat 9 dengan skor 2,96. Hal ini menunjukkan peringkat UNHAS turun satu angka. Tahun 2016 lalu, UNHAS berhasil menduduki peringkat 8 dengan skor 3,06. Memang cukup disayangkan, mengingat tahun 2016 silam UNHAS mengalami peningkatan skor yang cukup signifikan, yakni dari urutan 11 naik tiga tangga menjadi urutan 8. Meskipun demikian, UNHAS masih menjadi satu-satunya perguruan tinggi di luar Jawa yang termasuk dalam 9 kampus terbaik versi Ristekdikti.

Peringkat UNHAS Bukan Instan

Mengikuti jejak kampus-kampus besar di Indonesia, beberapa tahun lalu tepatnya 17 Oktober 2014, UNHAS ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2014. Penetapan status sebagai PTN-BH merupakan pencapaian penting dalam perjalanan UNHAS sebagai perguruan tinggi, karena tidak semua PTN di Indonesia dapat mencapai status ini. Kriteria untuk mencapai status ini antara lain: masuk 9 peringkat nasional dalam publikasi internasional dan perolehan paten, telah terakreditasi A oleh BAN-PT, opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 2 tahun berturut-turut, serta prestasi kegiatan kemahasiswaan di tingkat internasional.

Soal kualitas pendidikan, tak perlu diragukan lagi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan predikat A (Amat Baik) kepada institusi UNHAS berdasarkan SK BAN-PT tahun 2013 dengan masa berlaku hingga tahun 2018. Akreditasi jurusan pun mayoritas sudah berpredikat A.

Salah satu pendukung mengapa UNHAS wajib menjadi opsi perguruan tinggi Sobat FoKus adalah UNHAS dilengkapi dengan sarana prasana yang sangat baik. Sebagai contoh, UNHAS menyediakan kolam renang sebagai pendukung kegiatan perkuliahan. Area UNHAS juga sangat nyaman karena rindang dan ramah lingkungan. Adanya danau buatan di lingkungan UNHAS membawa kesegaran tersendiri bagi para civitas akademika UNHAS sekaligus melepas penat setelah berlelah-lelah belajar dan bekerja.

Meskipun terletak jauh dari wilayah pusat negara alias ibukota, UNHAS tak kalah hebat dengan kampus-kampus yang lain. UNHAS telah melahirkan sejumlah nama-nama besar yang mempunyai peran penting dalam sejarah pemerintahan Indonesia seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan ketua KPK Abraham Samad.

Itu tadi peringkat UNHAS versi Ristekdikti. Tertarik untuk menjadi bagian dari UNHAS? Tetap bersama Infokampus.news ya! (him)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
BI Corner Diresmikan di Kampus UNISMA, ‘Pecinta Rupiah’ Bisa Merapat!

Hari ini (28/12) BI Corner diresmikan di kampus UNISMA Malang. Pusat edukasi yang didirikan langsung oleh Bank Indonesia

Close