Peringkat Universitas Diponegoro Ini Mantapkan Niatmu Berkuliah di Sana lho!

Infokampus.newsUniversitas Diponegoro atau yang lebih akrab di telinga dengan sebutan UNDIP, berdiri pada tahun 1956 sebagai universitas swasta dan baru mendapatkan status perguruan tinggi negeri pada tahu 1961. Perguruan tinggi favorit di Semarang, Jawa Tengah, ini diberi nama Diponegoro yang diambil dari pahlawan nasional yang merupakan pangeran Jawa Tengah dalam perlawanan terhadap kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. PTN favorit? Memang seperti apa sih UNDIP ini? Peringkat Universitas Diponegoro di mata kelembagaan Ristekdikti ini akan jawab rasa penasaran Sobat FoKus. Simak ulasan singkat berikut ini!

Peringkat Universitas Diponegoro Ini Buktikan Kelayakannya Jadi PTN Favorit

Kualitas pendidikan Universitas Diponegoro tak perlu dipertanyakan. Terbukti, pada tahun 2013, Universitas Diponegoro berhasil mendapatkan akreditasi “A” oleh BAN-PT yang berlaku sampai 2018. Terlebih, pada 2017, Universitas Diponegoro menyandang predikat Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Perubahan itu didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 52 Tahun 2015.

Saat ini, Universitas Diponegoro dinobatkan sebagai salah satu dari 10 kampus dengan skor paling tinggi sesuai riset yang dilakukan oleh Dikti, sehingga pantas bila kini, Universitas Diponegoro menjadi salah satu dari 10 Universitas terpopuler di Indonesia. Hampir semua jurusan yang ada di Universitas Diponegoro telah terakreditasi A. Melalui pemeringkatan oleh kelembagaan Ristekdikti, UNDIP berhasil menduduki urutan ke-6 dengan skor 3,08. Hal ini menunjukkan bahwa UNDIP telah mengalami peningkatan peringkat dari tahun sebelumnya, yakni peringkat 9.

UNDIP memiliki 11 fakultas yakni Fakultas Kedokteran, Teknik, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Sains dan Matematika, Ekonomika dan Bisnis, Peternakan dan Pertanian, Hukum, llmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, dan Psikologi, serta Pendidikan Pasca Sarjana dan Vokasi. Sebagian besar sudah terakreditasi “A” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Tak hanya kualitas pendidikannya saja yang bagus, fasilitas pendukungnya pun tak kalah menarik. UNDIP mempunyai gedung-gedung yang berdiri megah di lingkungan kampus. UNDIP memiliki dua kampus utama, yakni kampus Pleburan (sering disebut Kampus Bawah) dan kampus Tembalang (Kampus Atas). Sebelum kampus Tembalang dibangun, kegiatan belajar mengajar baik untuk jenjang S-1 maupun D-3 dipusatkan di kampus Pleburan. Namun, setelah kampus tembalang selesai dibangun (sekitar tahun 2007), kegiatan belajar untuk jenjang S-1 dipindahkan ke Kampus Tembalang. Tak heran bila kita berkunjung ke kampus UNDIP Tembalang, bisa kita jumpai banyak bangunan bergaya baru dan modern. Kini, Kampus Pleburan yang terletak di pusat kota, hanya digunakan untuk kegiatan belajar mengajar jenjang D-3, S-2, dan S-3.

Salah satu ikon menarik dari UNDIP adalah tiga Patung Pangeran Diponegoro yang berdiri kokoh di tiga tempat berbeda, yakni di depan Gapura UNDIP Jalan Ngasrep, di depan Gedung Widya Puraya, serta di Kampus UNDIP Pleburan Jalan Imam Barjo. Patung ini merepresentasikan nama UNDIP sendiri yang mengandung nama pahlawan nasional Pangeran Diponegoro sekaligus sebagai monumen pengingat bahwa Pangeran Diponegoro telah menumpahkan darahnya di Tanah Jawa demi merebut kembali Tanah Air Indonesia. Selain itu, menara kembar juga menjadi daya tarik tersendiri, seolah menyambut siapapun yang memasuki area UNDIP. Menara kembar ini adalah Gedung ICT Centre dan Laboratorium Terpadu.

Memadainya gedung-gedung dan fasilitas penunjang lainnya di kampus UNDIP tentunya sangat menunjang prestasi mahasiswa serta peringkat Universitas Diponegoro. Hal inilah yang nantinya akan memperkuat UNDIP untuk mempertahankan peringkat dan akreditasinya di tahun-tahun yang akan datang.

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati fasilitas UNDIP dan menerima pendidikan dengan kualitas tinggi? Mantapkan pilihanmu dan kunjungi terus Infokampus.news untuk informasi lainnya ya! (him)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Masih Penasaran Tentang Keseruan Kuliah di Kehutanan? Simak Cerita Asyik dari Mahasiswi Cantik Ini!
Masih Penasaran Tentang Keseruan Kuliah di Kehutanan? Simak Cerita Asyik dari Mahasiswi Cantik Ini!

Pada kesempatan ini, infokampus.news berkesempatan mewawancarai Victhorya Stevinny, salah satu mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda. Vinny, panggilan akrabnya, akan...

Close