Ini Dia Peringkat Universitas Indonesia Versi Ristekdikti!

Infokampus.news – Siapa sih yang nggak kenal Universitas Indonesia atau yang biasa disebut UI? UI merupakan kampus favorit nan bonafit serta terkenal karena menyandang nama negeri kita Indonesia. Bukan sekadar harum namanya, peringkat Universitas Indonesia ternyata tak pernah jauh-jauh dari sepuluh besar terbaik di Indonesia. Kali ini, berapa sih peringkat Universitas Indonesia?

Peringkat Universitas Indonesia, Stabil dari Tahun ke Tahun

Reputasi Universitas Indonesia telah melangit bahkan sebelum orang-orang tahu tentang peringkat dan akreditasinya. Jika Sobat FoKus mengetahui hal ini, maka Sobat FoKus akan semakin yakin bahwa UI memang berkualitas. Tahun 2017, kelembagaan Ristekdikti telah memposisikan UI di peringkat 4 dengan skor 3,38. Jika dibanding tahun sebelumnya, maka UI mengalami penurunan satu anak tangga dari peringkat 3 menjadi peringkat 4. Hal ini bukan berarti terjadi penurunan kualitas pada UI, melainkan semangat dari seluruh kampus di Indonesia untuk bersaing secara sehat.

Meskipun demikian, UI tetap layak menjadi tujuan bagi calon mahasiswa baru yang mencari kampus yang menyajikan pendidikan dan pengajaran terbaik. UI telah mendapatkan predikat “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal inilah yang menjadi salah satu faktor UI dinobatkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Perguruan tinggi yang berstatus PTN-BH adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom yang dulunya dikenal sebagai PTN BHMN (Badan Hukum Milik Negara). Status BHMN sendiri sudah ada sejak tahun 2000 dan UI adalah salah satu PTN yang mendapatkan gelar ini.

Dari segi fasilitas, Universitas Indonesia merupakan Universitas yang memiliki perpustakaan terbesar di Asia Tenggara, sehingga tidak heran jika banyak para mahasiswa yang sering berkunjung ke perpustakaan untuk mencari buku-buku sebagai tugas mata kuliah atau untuk mencari buku sumber untuk bahan skripsi. Selain perpustakaan kampus UI juga mempunyai kendaraan yang siap mengantar para mahasiswa keliling kampus tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Perpustakaan Universitas Indonesia

UI secara aktif mengembangkan kerja sama global dengan beberapa asosiasi pendidikan dan riset diantaranya: APRU (Association of Pacific Rim Universities) dengan peran sebagai Board of Director, AUN (ASEAN University Network), and ASAIHL (Association of South East Asia Institution of Higher Learning).

UI sebagai ikon kampus Indonesia juga turut serta dalam gerakan go green demi menghadapi pemanasan global. Lokasi kampus UI berada di dua wilayah: Salemba dan Depok. Sebagian besar fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektar dengan atmosfer green campus karena hanya 25% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. 75% wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota. Hal yang membuat nuansa akademik UI tenang dan asri meskipun berada di wilayah Jabodetabek yang terkenal panas.

Sebagai salah satu kampus yang bersinar di Indonesia, tentunya nama besar UI tak lepas dari perjuangan mahasiswanya yang di antaranya telah menjadi tokoh penting di negeri ini seperti Megawati Soekarnoputri, Sri Mulyani, Yusril Ihza Mahendra, Hasri Ainun Besari, dan banyak lagi. Beberapa sastrawan kondang juga merupakan alumni UI seperti Taufiq Ismail dan Ayu Utami. Tak sedikit pula alumnus yang terjun dalam dunia entertainment seperti Rossa, Nicholas Saputra, dan Dian Sastrowardoyo.

Itu tadi peringkat Universitas Indonesia berdasarkan kelembagaan Ristekdikti. Ingat, setiap lembaga pemeringkatan mempunyai indikatornya sendiri-sendiri dalam menilai kampus. Jika kampusmu kalah dalam suatu hal, pasti ia punya kelebihan di bidang lain. Namun bukan berarti pula hal ini dijadikan alasan untuk tidak berkembang. Semangat, semoga artikel ini bermanfaat! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips dan Trik Hadapi Hambatan Menulis Jurnal Internasional Ternyata Ini…

Infokampus.news, Malang - Menulis jurnal internasional memang tidak semudah menulis jurnal dengan skala nasional. Banyak hal-hal detail yang perlu diperhatikan

Close