Perkuat Jaringan, STIKI Buka Program Internship

Infokampus.news– Wujud komitmen nyata kampus STIKI Malang untuk memperkuat jaringan dan juga membentuk output sumber daya manusia yang mampu bersaing di kancah internasional tidak main-main. Salah satunya melalui program internship antar negara yang sudah dilakukan sejak lama dengan berbagai negara seperti Thailand, Kamboja, Malaysia dan banyak negara lainnya.

 

Seperti yang digelar Senin (19/08/2019), yakni juga merupakan hari yang spesial bagi dua mahasiswa internship asal Kepala Batas College Malaysia, Ahmad Aqil bin Zainuddin dan Muhammad Afizan bin Seman. Pasalnya mereka adalah dua dari enam orang mahasiswa yang datang ke Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer  Indonesia (STIKI) Malang untuk melakukan internship.

 

Wajah sumringah dua mahasiswa ini cukup menggambarkan antusiasme mereka terhadap satu bulan masa internship yang akan dijalani nanti. Nantinya mereka akan menjalani internship dengan salah satu perusahaan mitra STIKI Malang “Mocca Animation”. Dibulan berikutnya yakni September dan Oktober, empat kawan mereka juga akan menjalani internship di tempat yang sama dengan jangka waktu yang sama pula.

Baca Juga :  Tingkatkan Kedisiplinan, Ketua Ormawa UWG Ikuti Diklat Character Building

 

Internship ini selain mampu memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman baru bagi para mahasiswa,hal ini memang ditujukan untuk mengenalkan mahasiswa bagaimana iklim serta tantangan bekerja di luar negeri. Tiga Mahasiswa STIKI Malang yang sudah berada di Malaysia,yakni Wisnu Witranta, Hendrika Cindy dan Kiszia Zivanora juga mengharapkan hal senada melaui program internship ini.

 

“Kemarin sudah menjalani proses seleksi yang cukup ketat, saya berharap yang pasti Mbak mendapat relasi dan juga mengerti cara orang Malaysia bekerja sehari-hari dan budaya kerja dan lain-lain, pengetahuan juga pasti lebih membuat soft skill berkembang.” Tukas Kiszia.

 

Saiful Yahya, S.Sn, M.T., salah satu pembimbing program internship ini berharap kedepannya kerjasama dengan Malaysia dan beberapa negara lain nantinya bisa terus berlanjut. Bahkan tidak hanya seputar pertukaran pelajar saja, namunjuga kerjasama untuk pertukaran dosen.

 

“Kalau bisa nanti bertukar,dosen kita mengajar disana dan juga sebaliknya,” Pungkasnya.

 

Dengan adanya perluasan kerjasama ini, STIKI Malang juga berupaya untuk mengimbangi kemajuan ini dengan turut meningkatkan pelayanan serta fasilitas kampus. Seperti untuk program internship ini, pihak Malaysia cukup terkesan dengan pelayanan dan juga nyamannya fasilitas asrama yang diberikan STIKI.

Baca Juga :  Dirjen Kemendikbud RI Sebut Kunci dari Kemajuan Bangsa adalah Kebudayaannya

 

“Dulunya tidak seperti itu, tapi kami sadar bahwa perlu terus melakukan penyempurnaan fasilitas karena program yang kami jalankan semakin berkembang. Kami bersyukur jika pihak Malaysia merasa nyaman dengan segala fasilitas yang ada di kampus kami.” Ujar Ketua STIKI Malang Dr.Eva Handriyantini, S.Kom, M.MT. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *