Sebelum Tampil, Ternyata Ada Persiapan Public Speaking Lho!

Infokampus.news Public speaking mungkin saja menjadi  bakat alami yang dimiliki seseorang, namun bukan berarti tidak bisa dipelajari. Banyak anggapan bahwa public speaking skill hanya dimiliki orang-orang ekstrover. Siapa bilang? Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang praktis di era serba modern ini, semua orang bisa melakukan apa saja dan menjadi siapa saja. Bahkan, tak ada salahnya jika kita berguru pada yang lebih berpengalaman seperti Dinda Maudi, mahasiswi STIKI Malang, yang telah membagikan tips public speaking di sini: Tips Public Speaking Ala Dinda Maudi. Selain kiat-kiat tersebut, ternyata ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan sebelum melakukan public speaking. Apa saja? Simak persiapan public speaking di bawah ini!

Persiapan Public Speaking
1. Persiapan mental

Mengenali audiens kita (di depan siapa kita berbicara), mengenali tempat (di tempat seperti apa kita akan berbicara), kita perlu untuk mengetahui itu untuk membangun kepercayaan diri dan tahu bagaimana kita harus bersikap.

2. Persiapan fisik

Agar performa kita maksimal, kita harus tampil dalam keadaan yang fit, oleh karena itu Dinda menyarankan untuk menghindari makan dan minuman yang membuat suara kita tidak awet, makanan dan minuman tersebut antara lain yaitu (gorengan, mentega, kopi, dan susu) terutama di saat akan perform di atas panggung agar kondisi suara kita tetap terjaga.

3. Persiapan materi

Agar lancar dalam membawakan materi di panggung, mempelajari materi adalah salah satu persiapan public skill yang paling penting. Kita perlu untuk membaca berulang-ulang dan memahami materi agar tak kelabakan saat menyampaikan materi di depan khalayak.

 

Itulah beberapa tips dasar menjadi seorang public speakers yang dijelaskan oleh Dinda dalam acara Community Meet-Up. Di akhir acara, Dinda bercerita sebelumnya ia adalah orang yang sangat pendiam dan tidak banyak bicara, dulu sempat menjadi korban bullying dan sering ditertawakan teman-temannya. Sejak saat itu ia memutuskan untuk belajar tentang public speaking dan mengubah dirinya yang pendiam. menurut Dinda, kemampuan public speaking tidak hanya berasal dari bakat/sejak lahir, namun kemampuan public speaking juga bisa diperoleh dari latihan yang tekun.

“Buat teman-teman yang pendiam dan tidak bisa berbicara di depan umum, kalian bisa mengubah diri kalian yang pendiam menjadi seorang public speakers, asalkan kalian mau berlatih dengan sungguh-sungguh,” pesan Dinda. (okt/him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Menjadi agenda rutin di Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (s) Malang, seminar kembali digelar di kampus ini. Seminar bertema kewirausahaan ini bertempat di Aula Gedung E STIKI Malang yang diprakarsai oleh Inkubator Bisnis (INBIS) STIKI Malang. Sebanyak 103 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan UMKM mengikuti Seminar Kewirausahaan STIKI yang dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Mei 2018 ini. Ketua STIKI, yaitu Dr. Eva Handriyantini, S.Kom, M.MT,…
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Hardware Interactive Club (UKM HIC) Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia Malang (STIKI Malang) baru saja usai dengan gelaran Goes to Campus (GTC) HIC STIKI Malang.
  • Infokampus.news - Demi mengenang jasa pahlawan wanita asal Jepara dalam memperjuangkan hak-hak wanita di tanah air, tanggal 21 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kartini, hari kelahiran perempuan Indonesia yang menjadi pelopor emansipasi wanita ini. Dalam hal ini, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang turut serta memperingati Hari Kartini. Sekilas tentang sejarah R.A. Kartini, beliau adalah putri kelima dari sebelas bersaudara putra-putri R.M. Ario Sosroningrat, seorang adipati di…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
public speaking ala dinda maudi
Public Speaking Ala Dinda Maudi, Seperti Apa?

Infokampus.news - Berbicara di depan umum tidaklah mudah. Demam panggung, mual, gemetaran, dan sport jantung adalah hal yang umum terjadi

Close