Ini Pesan Menteri Puan Maharani Untuk Para Wisudawan UMM!

Infokampus.news, Malang – Dalam wisuda ke-88 yang digelar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kemarin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani menyampaikan persaingan yang makin ketat saat ini para fresh graduate harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin.  Ia menyebutkan lulusan sarjana hanya berkontribusi 11% dari 121 juta penduduk yang bekerja.

“11% atau 13 juta orang saja yang berkontribusi dari 121 juta penduduk yang bekerja,” paparnya.

Secara tidak langsung para lulusan UMM kali ini didorong untuk langsung bekerja secara produktif. Karena di Indonesia sendiri masih banyak Sumber Daya Alam (SDA) yang masih belum dikelola dengan baik.

“Untuk memperkuat profil angkatan kerja ini maka salah satu agenda strategis pemerintah adalah memperkuat seluruh PTN dan PTS di Indonesia,” ungkapnya lagi.

Secara merata pemerintah mendorong pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni yang ada di seluruh PTN dan PTS di Indonesia. Diantaranya memberi beasiswa dosen dan mahasiswa, memberi bantuan biaya operasional dan bantuan dana riset. Ia berharap dengan ini tidak ada lagi lulusan PTS yang merasa ‘minder’ dengan lulusan PTN karena dari segi fasilitas yang diberikan sudah sama dan optimal.

“Kemenristekdikti juga telah memberikan pendampingan dan pembinaan pada PTS sehingga 27 PTS binaan memiliki akreditas A di tahun 2017,” tukasnya.

Dengan begini para fresh graduate dan calon fresh graduate harus memanfaatkan fasilitas dan waktu sebaik mungkin untuk mengembangkan diri. Jika SDM yang dihasilkan Perguruan Tinggi sudah mumpuni, tidak menutup kemungkinan pembangunan Indonesia akan naik drastis. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Acungan Jempol untuk Reputasi Dosen Magister Hukum Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang
Acungan Jempol untuk Reputasi Dosen Magister Hukum Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang

Kampus Inovasi Universitas Widyagama (UWG Malang) kembali menorehkan prestasi. Kali ini datang dari dosen program Magister Hukum UWG.

Close