Peserta UTBK SBMPTN 2018 Perlu Tahu Hal-hal Berikut Ini

Infokampus.news – Halo Sobat Fokus yang budiman lagi berbahagia. Buat kalian yang sedang menanti-nanti hari pelaksanaan SBMPTN 2018 apa sudah siap? Harus siap dong demi meraih impian kuliah di PTN idaman. Namun sebelum itu, silahkan rileksasi diri dulu sembari menikmati sajian info terhangat dan teraktual seputar SBMPTN 2018. Kali ini tim FoKus akan membahas seputar UTBK SBMPTN 2018.

Sebagaimana sudah diketahui sebelumnya bahwa ada perubahan pada penamaan ujian SBMPTN. Jika tahun sebelumnya penamaan SBMPTN terbagi menjadi paper based test (PBT) dan computer based test (CBT), pada SBMPTN 2018 ini penamaannya diganti menjadi Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk peserta UTBK SBMPTN 2018, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menghadapi ujian.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Peserta UTBK SBMPTN 2018
1. Kenali Sistem UTBK

UTBK adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangkat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi menggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir. Singkat kata sistem UTBK ini ujiannya menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian SBMPTN dan tidak menggunakan kertas lagi.

2. Teknis Pelaksanaan UTBK

Dalam UTBK nanti, peserta akan menggunakan personal computer (PC) yang disediakan oleh panitia. Namun khusus di panlok Bandung, peserta diperkenankan menggunakan smartphone atau tablet dengan spesifikasi yang tercantum dalam laman resmi SBMPTN 2018.

3. Sistem Penilaian SBMPTN 2018

SBMPTN kali ini menggunakan sistem penilaian baru di mana jawaban yang benar dinilai 1 dan jawaban yang salah atau tidak terjawab dinilai 0. Meskipun UTBK dinilai lebih praktis ketimbang UTBC, namun peserta perlu lebih hati-hati agar tidak terjebak dalam “kemudahan” tersebut.

Nah itu tadi beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada saat pelaksanaan SBMPTN 2018. Semangat pejuang PTN! (sig)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Dengan ditutupnya pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tanggal 28 April 2018 lalu, maka berakhir pula pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi secara nasional atau serentak. Meskipun demikian, jangan berkecil hati bagi yang belum berkesempatan mengikuti SBMPTN 2018, karena kata pepatah "banyak jalan menuju Roma". Jalur masuk tersebut di antaranya adalah seleksi jalur mandiri dan seleksi masuk sekolah kedinasan. Dalam artikel ini, Infokampus.news menyediakan sejumlah informasi…
  • Infokampus.news - Sistem penilaian SBMPTN 2018 berbeda dengan penilaian tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan Panitia Pusat SBMPTN 2018 dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto.id, Selasa (10/4/2018). Jika pada SBMPTN 2017 lalu menggunakan skor 4 (empat) untuk jawaban benar, skor 0 (nol) untuk yang tidak menjawab, dan skor negatif 1 (-1), maka metode penilaian SBMPTN 2018 ini jauh berbeda karena ada pembobotan untuk karakteristik dan tingkat kesulitan soal yang berbeda pula…
  • Infokampus.news - Dua presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno dan BJ Habibie, menyelesaikan salah satu jenjang pendidikannya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus berbasis teknologi terbaik di Indonesia ini rupanya sangat digemari oleh para calon mahasiswa baru. Tahun 2017 lalu, ITB berhasil meraih peringkat kedua versi kelembagaan Ristekdikti. Tak heran jika banyak siswa-siswi yang bermimpi untuk melanjutkan kuliah di UGM. Nah, Sobat FoKus yang ingin berkuliah di ITB, simak data yang…

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
kuliah online unpad
Menristekdikti: Kuliah Online Tekan Biaya Hingga 50%

Infokampus.news - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) meluncurkan sistem kuliah online bertajuk “Sistem Pembelajaran Dalam

Close