PIMNAS KE-32 KEMBALI DIGELAR, UGM RAIH JUARA UMUM!

Infokampus.news Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32  kembali digelar. Kali ini UGM berhasil mempertahankan gelar juara umum. 25 tim PKM berlaga di kompetisi nasional tersebut.  Pada ajang ini Universitas Gadjah Mada berhasil menyabet 4 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu pada presentasi karya ilmiah. Lalu terdapat juga 5 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu dari poster ilmiah.

Karena prestasinya UGM berhak mendapatkan Piala Bergilir Juara Umum Pimnas “ Adhikarta Kertawidya” yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ismunandar kepada pihak UGM pada sesi penutupan Pimnas 32 yang bertempat di Art Center, Denpasar Bali pada Jumat 30 Agustus 2019 lalu.

“ Pimnas dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan sikap ilmiah mahasiswa, membangun kemampuan untuk menulis karya ilmiah yang baik, kemampuan kewirausahaan, melatih bekerjasama dalam tim, dan membangun solidaritas persaudaraan antarmahasiswa” ucap Ismunandar selaku Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Lebih lanjut Ismunandar berharap mahasiswa akan terus mengembangkan sikap inovasi dan tidak hanya berhenti di ajang Pimnas.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

“Saya berharap bahwa Adik-adik terus meneliti dan berinovasi, tidak berhenti di Pimnas. Sebab tantangan ke depan akan semakin sulit dan mesti diselesaikan dengan inovasi dalam bidang teknologi, sains, maupun humanity. Jika passion kalian di situ (meneliti), lanjutkanlah. Sebab banyak yang bilang kalau jadi periset itu kan jalan sunyi. Tapi jika Adik-adik sudah suka, saya harap terus dilanjutkan,” tegas Ismunandar.

Pada acara penutupan, Kemenristedikti menyerahkan penghargaan kepada Universitas Udayana, Bali yang telah berkontribusi menyukseskan acara Pimnas ke-32 ini. Tidak lupa ucapan terimakasih juga diberikan kepada panitia, juri, serta semua peserta yang menjadi bagian dari terselenggaranya acara.

Sang Juara umum, Universitas Gadjah Mada merupakan kampus terbanyak yang meloloskan mahasiswanya berkompetisi di Pimnas ke-32 , disusul oleh Institut Pertanian Bogor yang membawa 23 tim. Ipb sendiri berhasil menempati posisi kedua sebagai kampus terbaik yang berhasil memenangkan Pimnas dengan total 3 emas dan 2 perak dalam presentasi karya ilmiah, serta 3 emas, 1 perak dan  3 perunggu pada poster ilmiah.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Sedangkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) harus menghentikan langkahnya karena belum berhasil masuk dalam jajaran 15 besar. Hal ini dikarenakan ITS tidak meraih medali emas baik dalam presentasi karya ilmiah maupun poster. Sedangkan Universitas Brawijaya (UB) harus puas berada di posisi kedelapan, setelah pada tahun sebelumnya berada di posisi kedua dengan membawa 2 medali emas. Berbeda dengan Universitas Diponegoro yang tetap menempati posisi  ketiga dari tahun lalu. Hal mengejutkan justru datang dari Institut Teknologi Bandung, meski hanya mampu meloloskan tujuh tim pada Pimnas ke-32, kali ini ia mampu menempati posisi keempat terbaik. ITB berhasil meraih tiga emas dalam presentasi karya ilmiah, serta 1 medali emas, 1 perunggu pada poster ilmiah.

Pimnas ke-32 pada tahun ini lebih besar dari tahun – tahun sebelumnya. Adapun peserta yang ada pada Pimnas ke 32 ini sebanyak 1.614 mahasiswa dan 460 dosen pendamping dari 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia. Mereka terbagi dalam 460 tim terpilih dari Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai tahun 2019 sebanyak 3.621 Proposal.

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa, Kemenristekdikti berharap melalui ajang Pimnas ini, karya- karya program kretifitas mahasiswa yang terbaik dapat menjadi bagian dari Hak Kekayaan atas Intelektual ( HAKI), Publikasi Jurnal Ilmiah, dan hilirisasi karya inovatif produk mahasiswa. (NID)

 

Sumber Foto : Kemenristekdikti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.