PKKMB UB 2016, ‘Tinggalkan Perpeloncoan, Sambut Era Humanisme’

Infokampus.news, Malang – Pengenalan Kehidupan Kuliah Mahasiswa Baru atau PKKMB UB 2016 siap digelar 3 hari berturut turut, yaitu tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2016 mendatang. Acara besar ini akan diikuti sekitar 13.000 orang mahasiswa baru dari UB Malang dan juga UB Kediri yang berjumlah sekitar 500 orang. Pembukaan acara yang akan dimulai dari pukul 5.00 WIB hingga 15.00 WIB ini akan digelar meriah dengan berbagai pertunjukan spesial dari kampus.

Mulai dari tarian massal, perayaan petasan hingga sambutan dari alumni inspiratif seperti Menteri Bappenas akan digelar untuk menyambut para adik-adik mahasiswa baru yang akan mengikuti dunia baru perkuliahan. Meski digelar cukup meriah, pihak kampus mengaku butuh banyak persiapan dan dukungan dari banyak pihak untuk melaksanakan kegiatan akbar ini.

“Kami sangat berbangga ya karena setiap tahun peminat dan kuota mahasiswa baru terus bertambah, hingga tahun ini mencapai 13.000 an maba termasuk dari cabang kediri. Ini angka belum fix ya, nanti dinihari baru kita bisa lihat angkanya. Yang jelas kita sudah persiapkan matang, karena banyak sekali jumlah maba, kami akan kerahkan juga segenap staff totalnya 778 orang staff dan yang 300 orang dari staff rektorat,” ujar Wakil rektor 3 universitas brawijaya dalam konferensi pers yang digelar Jum’at silam (26/8).

Persiapkan Segala Keperluan Dengan Matang

Karena kenaikan jumlah peserta PKKMB tahun ini ditambah dengan keikutsertaan UB Kediri, perencanaan yang dibuat oleh pihak Raja Brawijaya (Panitia penyelenggara ospek) benar-benar dipertimbangkan dengan matang.

Kegiatan pada minggu (28/8) depan akan dimulai dengan berlatih papermob. Untuk acara papermob ini sendiri nantinya akan diikuti oleh maba dari cluster 4-17 yang berjumlah total 6600 orang, satu cluster terdiri dari 600 orang maba.

“Sebenarnya ada undang-undang dari dikti untuk tidak membuat papermob, tapi kami tetap mengadakannya,” ujarnya kemudian.

Sistem Khusus Hindari Kemacetan

Dengan banyaknya jumlah peserta ini, para mahasiswa

“Dari Kediri nanti ada 8 bis, tapi untuk mereka kami buat agar lebih siang datangnya, dan pulang lebih awal yaitu jam 14.30 sudah keluar. Antisipasi macet ya,” ujar Arief Zainuddin selaku ketua panitia.

Untuk menghindari kemacetan pihak kampus telah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan yaitu dari POLSEK, POLRES. KORAMIL, dan juga pihak security internal. Nantinya pihak-pihak tersebut akan bertanggung jawab dalam proses keamanan dan ketertiban jalannya prosesi acara.

Disamping itu, pintu gerbang yang akan dibuka untuk masuk hanya gerbang Bank BRI Jalan Veteran dan Gerbang Jalan M. Panjaitan pada pukul 4.00 pagi sudah dibuka meskipun acara dimulai pukul 5 pagi. Namun, semua gerbang akan dibuka pada saat ospek usai yaitu pukul 15.30. Hal ini dirasa pihak kampus lebih efektif untuk menghindari kemacetan. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UI Wisuda 8.060 Lulusan D3 hingga S3

UI wisuda 8.060 lulusan orang sekaligus menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 pada hari Jumat–Sabtu, 26—27 Agustus 2016.

Close