Tak Ikuti SBMPTN? Simak Informasi PMB Sekolah Kedinasan 2018 ini!

Infokampus.news – Dengan ditutupnya pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tanggal 28 April 2018 lalu, maka berakhir pula pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi secara nasional atau serentak. Meskipun demikian, jangan berkecil hati bagi yang belum berkesempatan mengikuti SBMPTN 2018, karena kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”. Jalur masuk tersebut di antaranya adalah seleksi jalur mandiri dan seleksi masuk sekolah kedinasan. Dalam artikel ini, Infokampus.news menyediakan sejumlah informasi terkait pendaftaran PMB Sekolah Kedinasan. Sekolah Kedinasan merupakan sekolah tingkat tinggi berada di bawah naungan pemerintah khususnya Kementerian Republik Indonesia. Umumnya, biaya pendidikan ditanggung pemerintah lho! Bagi Sobat FoKus yang berminat mendaftarkan diri di salah satu sekolah kedinasan, simak artikel berikut ya!

Pendaftaran PMB Sekolah Kedinasan 2018

 

1. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negeri (PKN STAN) yang semula bernama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) ialah perguruan tinggi berbasis politeknik yang dinaungi oleh Kementerian Keuangan dan Non Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sepanjang tahun, PKN STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak peminatnya. Setelah merampungkan pendidikan, lulusannya langsung bekerja di kantor Kementerian Keuangan atau Non Kementerian Keuangan.  Untuk Program Studi Diploma I lama pendidikannya satu tahun (dua semester), bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta tepatnya Bintaro, Tangerang Selatan dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di delapan daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Program Studi Diploma III lama pendidikannya tiga tahun (enam semester), bertempat hanya di Kampus PKN STAN Jakarta. Untuk periode 2018, PKN STAN membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari jenjang D1 Kebendaharaan Negara, D1 Kepabeanan dan Cukai, D1 Pajak, D3 Akuntansi, D3 Kebendaharaan Negara, serta D3 Kepabeanan dan Cukai, D3 Manajemen Aset, D3 Pajak, dan D3 PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

Jadwal Penting PMB PKN STAN:

Penerimaan mahasiswa baru PKN STAN Periode 2018 difokuskan untuk Program Reguler. Program Reguler untuk kalian calon mahasiswa yang ingin menjadi pegawai Kementerian Keuangan atau Non Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia. Yang kedua, ada Program Afirmasi. Program Afirmasi merupakan program pendidikan yang difokuskan bagi kalian calon mahasiswa yang berada di wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan NTT.

Informasi selengkapnya terkait tata cara pendaftaran bisa diakses di link berikut: Tata Cara Pendaftaran PKN STAN

 

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah kedinasan yang dinaungi oleh Badan Pusat Statistik ini awalnya bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS). Sekolah Tinggi Ilmu Statistik membuka penerimaan mahasiswa baru dengan jumlah daya tampung sebanyak 150 peserta D3 Statistik, 150 peserta D4 Komputasi Statistik, dan 300 peserta D4 Statistik. Penerimaan mahasiswa baru 2018 ini tersedia melalui 2 macam jalur seleksi, yaitu:

Jalur Ikatan Dinas

Jalur ini dibuka untuk calon mahasiswa baru lulusan SMA/MA di seluruh Indonesia, yang mana setelah lulus wajib bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS). Selama masa studi, mahasiswa akan mendapatkan bantuan pendidikan alias gratis dan memperoleh tunjangan ikatan dinas setelah lulus.

Jalur Tugas Belajar

Jalur ini dibuka untuk penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan SMA/MA berstatus PNS atau TNI/ Polri yang ingin melanjutkan pendidikan D3 atau D4 di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

Jadwal Penting PMB STIS 2018:

 

Tahap seleksi penerimaan mahasiswa baru 2018 terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) Matematika, ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD), Psikotes, serta tes kesehatan dan kebugaran.

Untuk syarat, cara pendaftaran, dan informasi lainnya silahkan baca di link berikut ini: Informasi STIS

 

3. Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN)

Institut Pemerintah Dalam Negeri atau yang lebih dikenal dengan sebutan IPDN menyelenggarakan program pendidikan yang meliputi Fakultas Politik Pemerintah dengan program studi Kebijakan Pemerintah dan program studi Politik Pemerintah serta Fakultas Manajemen Pemerintah dengan program studi Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pembangunan, Manajemen Pemerintah, dan program studi Kebijakan Pemerintah. Dalam tahap penerimaan mahasiswa baru IPDN, tahapan seleksi yang harus diikuti pendaftar berupa seleksi administrasi atau seleksi pendaftaran. Jika lulus, tahap selanjutnya adalah ujian TKD, tes kesehatan, tes psikologi, tes integritas dan kejujuran, dan yang terakhir ada tes pantukhir (seleksi faktual dokumen administrasi, tes kesehatan pusat, tes kesamaptaan, dan tes wawancara). Setiap pendaftar belum tentu bisa lolos ke semua seleksi yang diberikan. Intinya jika satu seleksi lolos, maka calon mahasiswa berhak masuk ke seleksi berikutnya.

Jadwal Penting PMB IPDN:

 

Tata cara dan informasi lengkap seputar PMB IPDN silahkan baca di: Informasi IPDN

 

4. Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Meskipun berbeda institusi, kedua sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan lembaga yang sama, yakni Kementerian Hukum dan HAM. Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan membuka jalur penerimaan mahasiswa baru dengan jumlah daya tampung 300 (225 mahasiswa laki-laki, 75 mahasiswa perempuan). Jenjang pendidikannya tersedia D4 dengan lama studi kurang lebih 4 tahun atau setara dengan jenjang S1.

 

5. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Sobat FoKus yang ingin menempuh pendidikan di bidang teknologi dengan ikatan dinas, Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) bisa jadi salah satu pilihan lho! Sebab, sekolah ikatan  kedinasan ini mengharuskan calon mahasiswanya berasal dari SMA/MA IPA atau SMK jurusan Teknik Informatika, Telekomunikasi, dan  Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan usia minimal 17 tahun, maksimal 21 tahun.

Informasi lainnya bisa dibaca di: Informasi STSN

 

Selain 5 kampus yang sudah disebutkan tadi, beberapa kampus lainnya antara lain:

 

Sekian informasi seputar pendaftaran sekolah kedinasan. Semoga bermanfaat! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Para Mahasiswa ITN Ini Pamerkan Berbagai Olahan Dari Spirulina, Bikin Ngiler Sampai Bikin Cantik Ada!

Berbagai olahan dari spirulina ditampilkan dalam Open House Pameran Produk Mikroalga Spirulina yang digelar hari ini (28/4) di kampus ITN...

Close