PMDK-PN 2019 Resmi Dibuka! Catat Tanggal Pentingnya Berikut Ini

Infokampus.news Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. PMDK-PN 2019 sendiri telah resmi dibuka pada 4 Februari 2019 lalu bersamaan dengan pembukaan pendaftaran SNMPTN 2019.

Pendaftaran calon peserta/Siswa melalui jalur PMDK-PN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur PMDK-PN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDK-PN 2019 dapat diakses pihak sekoiah melalui situs www.pmdk.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Selanjutnya siswa-siswa tersebut akan diberikan username dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara online.

Selain mengakses situs www.pmdk.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri yang tergabung dalam PMDK-PN ini.

Jadwal Penting Jalur PMDK-PN 2019

1. 4 Februari – 6 April 2019 : Pengisian Data oleh Sekolah

2. 4 Februari – 6 April 2019 : Pengisian Data oleh Siswa

3. 4 Februari – 6 April 2019 : Pendaftaran PMDK-PN

4. 4 Februari – 8 April 2019 : Validasi Berkas

5. 16 April 2019 : Pengumuman

Informasi selengkapnya, silakan kunjungi pmdk.politeknik.or.id

*Bagi pendaftar PMDK yang memilih Bidikmisi, diharuskan mendaftar juga di website Bidikmisi (http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id).

BIDIKMISI

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mulai tahun 2010 meluncurkan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yaitu bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Sasaran program adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2017 dan 2017 yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik.

 

Demikian informasi seputar PMDK-PN 2019. Semoga bermanfaat! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *