Polinema Ajak Mahasiswa Berwirausaha

Infokampus.news, Malang – Dalam menyambut dies natalies Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang ke-35, diselenggarakan rapat terbuka senat yang digelar di Aula Pertamina Polinema pada Rabu (12/4). Dalam rapat terbuka senat itu beberapa orang tokoh Polinema menyampaikan orasi ilmiah mereka.

Setiap tokoh menyampaikan orasi ilmiah sesuai bidang yang mereka kuasai, seperti contohnya Dr. Dra. Anik Kusmintarti, MM yang menyampaikan orasi ilmiah tentang kewirausahaan. Dalam orasi ilmiah bertajuk “Pendidikan Kewirausahaan dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Solusi Mengurangi Pengangguran Terdidik” itu, ia mengatakan bahwa jiwa kewirausahaan mahasiswa harus dididik agar wirausaha tidak lagi menjadi sebuah pilihan kedua.

“Pendidikan kewirausahaan sangat penting, karena Pendidikan kewirausahaan yang efektif akan meningkatkan karakteristik wirausaha mahasiswa. Pendidikan ini akan mengembangkan mahasiswa yang menghargai profesi kewirausahaan dan mendorong niat mahasiswa membuka usaha baru,” terangnya dalam orasi tersebut.

Wirausaha Lebih Baik Dari Pengangguran Terdidik

Yang menjadi perhatian dalam orasi tersebut adalah mental para mahasiswa yang lebih memilih menjadi pencari kerja daripada pencipta lahan kerja. Sementara, jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak dapat menampung semua lulusan yang ada di seluruh pelosok negeri.

“Akibatnya terjadi fenomena pengangguran terdidik alumni perguruan tinggi. Badan Pusat Statistik menyatakan, jumlah pengangguran terdidik alumni perguruan tinggi mencapai 11,97% dari jumlah pengangguran terbuka atau 905.127 orang,” kata Anik Kusmintarti.

Realita itu menggambarkan bahwa lulusan perguruan tinggi bukanlah jaminan akan mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berwirausaha.

Dengan berwirausaha, para mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan pekerjaan untuk diri mereka sendiri. Membuka sebuah usaha juga berperluang membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain yang mungkin sedang kesulitan mendapat pekerjaan dan menekan jumlah pengangguran semakin tinggi. (ART)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadikan Polinema Unggul Dengan Filosofi ‘Rumah’Dan ‘Tempat Kerja’

Dr. Ir. Bagus Wahyudi, MT menyampaikan sebuah orasi ilmiah dalam rapat terbuka senat yang diselenggarakan dalam menyambut dies natalies Polinema.

Close