POLINEMA Sumbang Wakilnya Di Sepuluh Besar INOTEK

Infokampus.news, Malang – Tiga tim dari Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) berhasil masuk sepuluh besar dalam ajang Inovasi Teknologi (INOTEK) yang diselenggarakan Pemerintah Kota Malang. Dari total 166 proposal yang masuk, tiga tim dari Politeknik Negeri Malang itu pun berhasil mengukuhkan tempat mereka di sepuluh besar.

Tiga tim yang berasal dari Jurusan Teknik Mesin tersebut masing-masing adalah Muhammad Cahya Abidin, Muhammad Indra Yulianto, Rerdi Rainardi, dan Rizky Ikhwan Azmi dengan inovasi teknologi berjudul Memanfaatkan Panas Knalpot Menjadi Energi Listrik.

Tim kedua mengangkat judul Sumber Listrik Abadi dan beranggotakan Muhammad Wildan, Fajar Dwi Prasetyo, Ahmad Rizky Kurniawan, Riski Arwan Putro, dan Dian Wahyu Alfafat. Sedangkan tim ketiga terdiri atas Eelin Amanda P, Tri Suharno, Utut Pandu, dan Putradana Setiahudi, dengan mengangkat judul Startegi Pemanfaatan Angin Oleh Kincir Angin Sumbu Vertikal dengan Naca 3412 Untuk Menghasilkan Listrik Sebagai Energi Alternatif di Masa Depan.

Bermanfaat, Tak Asal Masuk Sepuluh Besar

Masing-masing inovasi yang dikembangkan itu memiliki beragam manfaat yang berbeda. Untuk pemanfaatan panas knalpot menjadi energi listrik misalnya. Inovasi ini menjadi angin segar, bagi energi panas knalpot yang selama inj terbuang percuma. “Padahal panas knalpot itu juga dapat dijadikan sebagai sumber energi listrik loh,” tutur Muhammad Cahya Abidin.

Inovasi yang dikembangkan tersebut menurutnya memanfaatkan semua jenis knalpot kendaraan, baik motor maupun mobil. Dalam tahap percobaan, peltier (komponem pengubah energi) dipasang pada sebuah knalpot motor. Dari situ dihasilkan energi listrik untuk menghidupkan lampu berukuran 18 Watt.

Saat ini, alat yang belum disempurnakan itu dapat digunakan tanpa melepas peltier. Namun ke depan, alat tersebut ditargetkan dapat difungsikan sebagai penyimpan tenaga. Sehingga dapat dilepas dan dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti charge smartphone. “Arah kami memang untuk menjadikannya seperti power bank,” tambahnya. (ART)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rombongan Jokowi Disambut Kemacetan

Sebagai salah satu agenda kunjungan rombongan Jokowi ke Kota Malang, orang nomor satu di Indonesia itu menghadiri acara pengukuhan guru...

Close