Polinema Torehkan Prestasi Dalam Lomba Robotik Tingkat Nasional

Infokampus.news, Malang – Kata prestasi memang tidak pernah jauh dari Kota Malang, mulai dari prestasi di bidang olahraga, seni, hingga akademis. Sebagai contohnya yang terbaru, baru-baru ini mahasiswa Politeknik Negeri Malang berhasil membawa pulang juara lomba robotic tingkat nasional.

Riemza Zamronnan dan kawan-kawan yang tergabung dalam komunitas robotic Polinema, EEPROM, berhasil menjejakkan kaki mereka di atas podium juara dalam perlombaan robotic yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang bertajuk E-Time.

“Untuk lomba di Politeknik Negeri Jakarta kemarin kami meraih juara 2 dan juara harapan 1,” terangnya. Prestasi ini bukanlah yang pertama diraih oleh komunitas robotik tersebut. Nama EEPROM sudah banyak dikenal di dunia robotika kampus di Kota Malang sebagai kelompok yang patut diperhitungkan di setiap lomba robotika.

E-Time 2017 Lombakan Tiga Kategori

Perlombaan tersebut digelar pada tanggal 30 Maret hingga 1 April lalu di kampus Politeknik Negeri Jakarta. Ada tiga kategori yang dilombakan dalam gelaran acara tersebut, yaitu kategori Internet of Things (IoT), Robot Mini Industrial (RMI), serta Programable Logic Controller (PLC).

IoT adalah perlombaan membuat suatu peralatan yang dapat dihubungkan dengan internet untuk berkomunikasi sehingga dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. RMI adalah kategori yang melombakan perpaduan robot yang digerakkan dengan joystick dan robot otomatis ‘Line follower’ yang berfungsi untuk memindahkan item yang ditentukan.

Sementara kategori PLC adalah perlombaan untuk membuat suatu perangkat pengontrol kualitas dan kuantitas suatu produk yang dapat diaplikasikan dalam industry. Yang menarik, dalam seleksi kedua kategori Programable Logic Controller, robot buatan mahasiswa Polinema yang bernama PNM_RUN dan PNM_BAROKAH menjadi peringkat pertama dan kedua dengan nilai yang sama, 68.

Perlombaan ini sendiri telah digelar untuk kedelapan kalinya dengan tujuan meningkatkan kreatifitas seluruh mahasiswa dan mengembangkan inovasi terbaru dalam bidang teknologi. Tema yang diangkat pada perlombaan kali ini adalah “Incredible Things With Technology”. (Art)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EEPROM, Komunitas Robotika Polinema Langganan Juara

"Setiap tahun kami memiliki target untuk meraih beberapa piala dalam lomba-lomba robotika,” ujar Riemza.

Close