Politeknik Negeri Malang Raih Peringkat Pertama Penilaian Menristekdikti

INFOKAMPUS.NEWS – Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali meraih peringkat pertama dari Hasil Penilaian Menristekdikti. Kali ini Polinema berhasil meraih peringkat pertama dalam hal Penilaian  Pengabdian Masyarakat.

Polinema meraih peringkat pertama dari  Kampus Politeknik di seluruh Indonesia dengan hasil penilaian yang sangat baik. Polinema berhasil menyalip kampus vokasi lain yaitu  Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dan Politeknik Negeri Medan.

Hasil Penilaian ini  didasarkan surat Kemenristekdikti No.B/990/E3.3/RA.03/2019 yang keluar tanggal 5 November 2019, yang menyebutkan  Hasil penilaian Ristekdikti pada bidang pengabdian masyarakat.

Pemeringkatan dengan basis Kinerja Pengabdian Masyarakat ini  memiliki beberapa indikator yaitu antara lain Sumber daya Manusia, Kelembagaan dan Fasilitas, Sumber pendanaan, serta Sumber daya IPTEK. Pada aspek sumber daya manusia, aspek yang dilihat yaitu dalam hal keterlibatan dosen, mahasiswa, alumni pengabdian masyarakat, staf administrasi, dan jumlah teknisi/laboran yang terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat.

Selanjutnya, indikator kelembagaan dan fasilitas melihat pada aspek Lembaga Pengabdian (LPM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyrakat (LPMM), serta memperhatikan fasilitas penunjang pengabdian meliputi pusat studi/kajian, laboratorium, studio, lahan, atau kebun percobaan, sentra HKI, dan inkubator hasil riset.

Dari aspek sumber pendanaan, maka akan mempertimbangkan data sumber pendanaan diperoleh dari internal perguruan tinggi, pemerintah, swasta/industri, lembaga multilateral, lembaga nirlaba atau sumber dana lainnya.

Terkahir, dari indikator Sumber daya IPTEK, maka aspek yang diperhatikan adalah  Sumber Daya Iptek berupa HKI meliputi paten, hak cipta, merk dagang,  rahasia dagang, desain produk, indikasi geografis, perlindungan desain tata letak sirkuit terpadu.

Sebelumnya, Polinema berhasil meraih prestasi peringkat  pertama dari penilaian Menristekdikti yaitu pada kategori Prestasi dan kegiatan mahasiswa. Kategori ini dinilai oleh Kemeristekdikti dari seluruh kampus Politeknik di seluruh Indonesia.

Kampus Vokasi yang berada di Kota Malang ini  terus menambah anggaran baik dalam hal pengabdian masyarakat maupun kegiatan mahasiswanya. Hal ini merupakan upaya Polinema untuk terus meningkatkan prestasi Polinema menjadi kampus terbaik. (Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.