10 Portal Jurnal Ilmiah Tak Berbayar Ini Bantu Rampungkan Tugasmu!

Infokampus.news – Berbeda dengan semasa sekolah, tugas kuliah tidak jauh-jauh dari karya ilmiah, entah itu artikel, jurnal, makalah, bahkan tugas akhir sebagai syarat kelulusan bentuknya juga karya ilmiah. Yang namanya karya ilmiah, pasti harus disertai sumber-sumber ilmiah terpercaya yang biasanya didapatkan dari buku-buku ataupun jurnal yang sudah ada. Beberapa jurnal internasional yang sangat penting untuk mendukung karya kita seringkali berbayar. Namun tak perlu khawatir, berikut ini portal jurnal ilmiah yang bisa Sobat FoKus akses secara gratis.

Portal Jurnal Ilmiah yang Bisa Diakses Secara Gratis
1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

http://e-resources.perpusnas.go.id/

Mengikuti perkembangan zaman, perpustakaan kini tak hanya berbentuk buku fisik, namun juga e-book yang bisa diakses menggunakan computer atau ponsel pintar. Di situs milik Perpusnas ini, Sobat FoKus bisa mengakses banyak jurnal nasional maupun internasional secara gratis. Perpusnas menyediakan jurnal dari berbagai sumber-sumber terpercaya seperti Ebsco, SAGE, Neliti, dan banyak lainnya. Jadi, Sobat FoKus tak perlu khawatir akan kualitas jurnal yang kalian akses.

2. Portal Garuda Publikasi Indonesia Index

http://id.portalgaruda.org/

Menyimpan lebih dari 5000 jurnal online, Indonesian Publication Index atau IPI melayani akses jurnal online gratis. Di sini, Sobat FoKus bisa mengindeks jurnal, abstrak, pemantauan dan peningkatan standar publikasi jurnal ilmiah di Indonesia.

3. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

http://www.jurnal.lipi.go.id/

LIPI adalah lembaga yang menaungi berbagai penelitian ilmiah milik pemerintah RI. Di portal ini, Sobat FoKus bisa mengakses jurnal ilmiah secara gratis diterbitkan oleh himpunan profesi, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, dan banyak lagi.

4. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

https://doaj.org/

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah sebuah situs daring penyedia jurnal gratis dengan koleksi jurnal-jurnal ilmiah yang mencapai lebih dari 20.000 jurnal. Selain itu Sobat FoKus bisa mencari berbagai artikel ilmiah sebagai pendukung karya ilmiah kalian.

5. Google Scholar

http://scholar.google.com

Google Cendekia, begitu versi Bahasa Indonesianya, adalah layanan dari Google yang memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi yang mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah.

6. Citeseer

http://citeseer.ist.psu.edu/

Citeseer adalah sebuah mesin pencarian dan perpustakaan digital yang bisa diakses oleh siapa saja untuk mencari artikel ilmiah dan akademik, khususnya dalam bidang komputer dan informatika.

7. PubMed Central

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/

PubMed adalah database gratis yang menghubungkan kita ke beberapa database referensi dan abstrak tentang ilmu alam dan topik biomedis.

8. Biomed Central

http://www.biomedcentral.com/

Kalau Sobat FoKus adalah salah satu dari mahasiswa jurusan Biologi atau jurusan Farmasi, situs ini mungkin yang kalian cari. Biomed Central merupakan salah satu open access journal  yang dikhususkan untuk bidang biologi dan perobatan.

9. Economics

http://economics-ejournal.org/

Buat mahasiswa ekonomi, situs ini akan sangat membantu memudahkan kalian mencari referensi untuk karya ilmiah kalian. Di situs ini, kalian bisa menemukan berbagai macam jurnal yang membahas tentang ekonomi makro dan mikro, ekonomi publik, kebijakan ekonomi dan lain sebagainya.

10. IOSR Journals

http://iosrjournals.org/

IOSR ini kepanjangannya adalah International Organization of Scientific Research. IOSR merupakan asosiasi ilmuan, peneliti, profesor, manajer, insinyur, yang bergelut di bidang farmasi, teknik, manajemen, ilmu terapan dan matematika.

Dengan adanya portal jurnal ilmiah tak berbayar ini, Sobat FoKus harus memanfaatkan sebaik mungkin. Procrastination is like a credit card; it’s a lot fun until you get the bill. Jangan suka menunda pekerjaan. Kerjakan tugasmu sekarang juga. Semangat! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
teknologi perbankan
Teknologi Perbankan Semakin Maju, Simak Tips Ini Agar tak Ketinggalan Jaman!

Era perkembangan teknologi perbankan yang semakin maju saat ini berdampak pada porak-porandanya lanskap proses bisnis yang berlaku di era sebelumnya....

Close